Artikel dalam bagian ini
Aturan Perdagangan NagaExchange
Platform NagaExchange adalah platform aset kripto yang terdiri dari berbagai daftar aset kripto dan harganya yang sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari BAPPEBTI, yang dapat diakses oleh pelanggan melalui platform perdagangan aset kripto di NagaExchange. Berikut adalah aturan perdagangan yang mengatur tentang transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan melalui platform perdagangan aset kripto ini.
I. DEFINISI DAN ISTILAH
Seluruh istilah yang disebutkan dalam ketentuan Pengguna Website, Aplikasi NagaExchange dan/atau layanan apapun yang disediakan oleh NagaExchange ini memiliki arti yang sama selama konteks kalimat ini tidak memiliki arti yang lain, frasa dan definisi sebagai berikut:
- NagaExchange adalah Branding dari PT Cipta Koin Digital yang menyediakan jasa, layanan, konten, fasilitas dan/atau produk-produk aset kripto atau material lain yang tersedia pada Website dan Aplikasi NagaExchange.
- Website mengacu pada situs online dengan alamat https://nagaexchange.co.id/. Website ini dikelola oleh PT Cipta Koin Digital dengan tidak terbatas pada para pemilik, investor, karyawan dan pihak-pihak yang terkait dengan PT Cipta Koin Digital. Tergantung pada konteks, NagaExchange juga mengacu pada jasa, produk, situs, konten atau material lain yang disediakan oleh PT Cipta Koin Digital.
- Aplikasi NagaExchange adalah platform digital yang dimiliki dan dikelola oleh PT Cipta Koin Digital untuk memfasilitasi transaksi aset kripto yang disediakan oleh NagaExchange.
- Akun NagaExchange adalah akses yang diberikan kepada Pelanggan NagaExchange untuk mendapatkan layanan informasi seperti berita, edukasi, dan event serta untuk melakukan kegiatan perdagangan aset kripto dan akses lainnya.
- Registrasi adalah proses pendaftaran untuk menjadi Pelanggan NagaExchange yang merupakan proses verifikasi awal untuk memperoleh data-data, keterangan, informasi, dan pernyataan dari Pelanggan.
- Verifikasi adalah kegiatan pemeriksaan setelah registrasi mengenai data-data, keterangan, informasi, dan pernyataan pribadi calon Pelanggan, serta informasi pribadi yang dicantumkan setelah registrasi akan dilakukan validasi data oleh NagaExchange guna menjadi Pelanggan terverifikasi. Setelah proses verifikasi selesai, seluruh data, keterangan, informasi, dan pernyataan adalah benar milik pribadi calon Pelanggan maka calon Pelanggan tersebut akan menjadi Pelanggan terverifikasi dan berhak atas akses layanan penuh dari NagaExchange.
- Pelanggan adalah orang yang telah melakukan proses pendaftaran/registrasi pada Aplikasi NagaExchange dengan melalui proses verifikasi dan memperoleh otorisasi dari NagaExchange untuk melakukan kegiatan perdagangan aset kripto.
- Kata Sandi adalah kumpulan karakter yang terdiri dari rangkaian alfa-numerik atau kombinasi keduanya dan digunakan oleh Pelanggan untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan pada NagaExchange.
- Aset Kripto merupakan komoditas digital yang menggunakan kriptografi, jaringan informasi teknologi, dan buku besar yang terdistribusi untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa adanya campur tangan pihak lain yang diperdagangkan didalam NagaExchange.
- Blockchain adalah sebuah buku besar terdistribusi (Distributed Ledger) dan terbuka yang dapat mencatat transaksi antara 2 (dua) pihak secara efisien dengan cara terverifikasi secara permanen.
- Dana adalah sejumlah uang yang disetor oleh Pelanggan NagaExchange dalam mata uang rupiah melalui pemindah-bukuan antar bank untuk keperluan aktivitas perdagangan aset kripto.
- Wallet adalah tempat yang dipergunakan untuk menyimpan dana atau aset kripto baik berupa koin atau token.
- Setoran/Deposit adalah proses penyetoran aset kripto ataupun rupiah ke wallet oleh Pelanggan NagaExchange. Deposit merujuk pada mekanisme penambahan (Top-Up) untuk saldo rupiah atau aset kripto dan dalam proses tersebut dilakukan dengan menggunakan akun milik Pelanggan yang telah terdaftar di NagaExchange. Berkenaan dengan mekanisme deposit ini bisa dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) metode, yaitu:
- Pelanggan mengirimkan saldo aset kripto dari dompet (wallet) Pelanggan untuk diterima di akun milik Pelanggan di NagaExchange;
- Lalu dapat mengirimkan rupiah ke dalam akun Pelanggan melalui bank transfer.
- Penarikan/Withdraw adalah proses penarikan rupiah/aset kripto oleh Pelanggan NagaExchange terverifikasi.
- Wallet Address adalah sebuah program software yang digunakan sebagai alamat tujuan dari suatu transaksi aset kripto. Wallet Address aset kripto memiliki peranan ataupun fungsi untuk menerima dan mengirim aset kripto.
- Batas Pengiriman Aset Kripto adalah batas minimal dan maksimal dalam melakukan pengiriman aset kripto ke dompet aset kripto lain perharinya. Perlu untuk dijelaskan bahwa setiap akun Pelanggan NagaExchange akan memiliki Batas pengiriman yang berbeda dan disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan ini dengan didasarkan pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
- Batas Penarikan Rupiah adalah batas minimal dan maksimal penarikan rupiah perharinya. Perlu untuk dijelaskan bahwa setiap akun Pelanggan NagaExchange akan memiliki batas penarikan yang berbeda yang disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan serta Peraturan Perundang- Undangan yang berlaku.
- Order Book mengacu pada daftar elektronik detail permintaan pembelian dan penawaran penjualan aset kripto yang diatur oleh tingkat harga. Daftar ini dimaksudkan untuk membantu Pelanggan membuat keputusan yang lebih tepat, serta diharapkan dapat meningkatkan transparansi pasar karena mereka memberikan informasi perdagangan yang berharga. Permintaan pembelian atau permintaan penjualan (order) yang disampaikan Pelanggan dicatat dalam buku order (order book) secara realtime dan isinya sesuai dengan daftar order.
Secara umum, Order Book dibagi menjadi:
- Beli/Bid, yang menampilkan daftar permintaan pembelian aset kripto beserta jumlah aset kripto dan harga yang ditawarkan; dan
- Jual/Ask, yang menampilkan daftar penawaran penjualan aset kripto beserta jumlah aset kripto dan harga yang diminta.
- Biaya Blockchain Pelanggan yang mengirimkan aset kripto ke suatu wallet di luar Aplikasi NagaExchange akan dikenakan biaya blockchain. Besaran biaya blockchain yang berlaku tergantung pada jenis aset kripto yang digunakan dan akan dipotong dalam satuan aset kripto yang signifikan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Aplikasi NagaExchange.
- Daftar Jenis Aset Kripto untuk mengetahui jenis aset kripto yang tersedia di Platform NagaExchange, Anda dapat mengklik tautan berikut: https://nagaexchange.co.id/market. Harap dicatat bahwa daftar jenis aset kripto dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan tersebut akan disampaikan melalui pemberitahuan.
- Sistem Keamanan 2 (dua) Langkah (Two Step Verification) adalah layanan yang diberikan oleh Aplikasi NagaExchange sebagai opsi tambahan bagi Pelanggan terverifikasi untuk meningkatkan keamanan akun Pelanggan terverifikasi.
- AML (Anti Money Laundering) & CFT (Countering Financing of Terrorism) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi dan menghentikan praktik tindak pidana pencucian uang, tindak pidana korupsi, pencegahan pendanaan terorisme serta proliferasi senjata pemusnah massal.
- Kebijakan AML/CFT bertujuan untuk mengamankan NagaExchange dari pencucian uang dan pendanaan terorisme. Kebijakan tersebut menguraikan prinsip dan standar minimum pengendalian AML/CFT internal yang harus dipatuhi oleh NagaExchange untuk memitigasi risiko kerugian finansial, reputasi, peraturan dan hukum.
- Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) serta Proliferasi Senjata Pemusnah Massal Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, Penerapan Program Anti Pencucian Uang Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) serta Proliferasi Senjata Pemusnah Massal, NagaExchange berhak menangguhkan, menunda, atau menolak permohonan pendaftaran atau registrasi akun, serta transaksi apapun yang dilakukan oleh Pelanggan jika terdapat indikasi pelanggaran terhadap peraturan tersebut. Pelanggan diharapkan memahami, mengakui, dan menyetujui bahwa ia tidak akan mengajukan keberatan apapun terkait tindakan-tindakan yang diambil oleh NagaExchange dalam penerapan program tersebut, termasuk permintaan informasi tambahan terkait transaksi Pelanggan melalui proses CDD (Customer Due Diligence) atau EDD (Enhanced Due Diligence).
II. PROSES PENDAFTARAN PELANGGAN NAGAEXCHANGE
- Persyaratan Umum
- Pelanggan setuju dan sepakat untuk tunduk dan patuh pada Syarat dan Ketentuan Umum NagaExchange dan mengikat secara hukum;
- Pelanggan dapat melakukan proses registrasi atau pendaftaran dengan syarat dan ketentuan apabila telah berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun dan/atau telah menikah
- Memiliki identitas yang jelas dan sah menurut hukum;
- Pelanggan mendaftarakan alamat E-mail Aktif, Kata Sandi, dan;
- Pelanggan harus mendaftarkan Nomor Telepon, Foto KTP, dan Swafoto (selfie).(Identitas harus sesuai dengan KTP yang merupakan identitas asli Calon Pelanggan). Pada saat proses Verifikasi Pelanggan, calon Pelanggan dalam hal ini wajib mengisi semua data, dokumen, dan informasi pada form sebagai berikut:
- Kartu Identitas (Kartu Tanda Penduduk bagi warga negara Indonesia), atau passport dan kartu identitas yang diterbitkan oleh Negara asal Pelanggan Aset kripto (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi warga negara asing; dan
- NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) opsional;
- Nama Lengkap;
- Tempat/Tanggal Lahir;
- Jenis Kelamin;
- Pekerjaan;
- Status Perkawinan;
- Agama;
- Alamat Lengkap;
- Provinsi;
- Kota;
- Kecamatan;
- Kelurahan;
- Kode pos (opsional);
- Penghasilan;
- Tujuan pembukaan rekening;
- Sumber dana.
- Proses Registrasi dan Verifikasi Akun NagaExchange
- Pastikan Anda telah mendownload aplikasi NagaExchange di Playstore atau App Store;
- Buka aplikasi NagaExchange di android/IOS kemudian klik “Daftar di sini”;
- Isi kolom dengan nama pengguna, kemudian masukkan e-mail dan masukkan kombinasi kata sandi minimal 8 karakter (huruf besar/kecil,simbol,dan nomor) lanjut pilih darimana Anda mengetahui NagaExchange dan kode Refferal (opsional). Setelah itu klik jika telah membaca dan setuju dengan ketentuan pengguna. Kemudian klik Daftar;
- Harap konfirmasi email Anda untuk mendapatkan kode konfirmasi. Ini untuk memvalidasi email Anda;
- Jika sudah sukses verifikasi maka akan tampil, tampilan halaman depan NagaExchange akun Anda;
- Jika Anda telah memiliki akun NagaExchange, silahkan lanjut ketahap melakukan Verifikasi atau know your customer (KYC);
- Klik menu “Saya” di pojok kanan bawah;
- Pilih profil identifikasi otentifikasi belum melakukan verifikasi akun;
- Klik verifikasi sekarang;
- Akan muncul halaman dimana Anda memasukkan Nomor Telepon Anda;
- Lanjut masukkan kode OTP SMS yang telah disampaikan ke nomor HP Anda;
- Setelah selesai melakukan kode OTP SMS silahkan klik pilih kebangsaan, jika Indonesia siapkan data diri berupa KTP dan jika warga negara asing siapkan data diri berupa Paspor/KITAS/KITAP;
- Unggah KTP Anda atau Foto KTP asli Anda (tidak blur dan bukan fotocopy KTP Anda);
- Setelah selesai unggah KTP, Anda akan diarahkan untuk periksa data diri Anda sesuai KTP sebelum ke langkah selanjutnya;
- Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman “Pasif Liveness” untuk melakukan verifikasi wajah, pastikan wajah Anda terlihat jelas saat melakukan verifikasi wajah;
- Sistem akan merekam wajah Anda untuk verifikasi data;
- Harap tunggu 1x24 jam karena data Anda akan sedang proses validasi dalam sistem kami;
- Proses penarikan uang fiat memerlukan waktu maksimal 1 x 24 jam hari kerja;
- Penarikan uang fiat hanya dapat dilakukan ke rekening yang namanya sesuai dengan nama pemilik akun terdaftar di NagaExchange.
Proses registrasi dan verifikasi di NagaExchange umumnya melibatkan beberapa langkah. Di bawah ini adalah langkah-langah mendaftar sampai verifikasi di Aplikasi NagaExchange. Silahkan ikuti langkah berikut:
Penting:
- Bahwa apabila diperlukan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan dan/atau segala sesuatu yang diharuskan untuk melengkapi syarat pendaftaran/registrasi Anda sampai verifikasi. Dengan ini Calon Pelanggan menyatakan serta menjamin bahwa segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan, yang diberikan oleh Calon Pelanggan pada saat proses registrasi/pendaftaran sampai di verifikasi NagaExchange adalah benar, asli, lengkap, dan sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya serta merupakan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, dan Pernyataan terkini yang tidak ada/ belum ada perubahan masih berlaku/belum kedaluwarsa.
- Bahwa segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan yang diperoleh NagaExchange berkenaan dengan Pelanggan, akan menjadi milik NagaExchange dan NagaExchange berhak dan berkewajiban untuk melakukan verifikasi, mencocokkan, menilai, merahasiakan, atau menggunakannya untuk kepentingan NagaExchange sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku tanpa mewajibkan NagaExchange untuk memberitahukan atau meminta persetujuan, memberikan jaminan, atau ganti rugi apapun dan dengan alasan apapun kepada Pelanggan.
- Bahwa NagaExchange akan melakukan pengawasan, mengelola, mengatur berdasarkan SOP (Standar Operasional Procedur) yang ditetapkan NagaExchange atas segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan, atau segala sesuatu yang berkenaan dengan Pelanggan maupun kegiatan usaha atau transaksi Pelanggan yang terkait dengan akun milik Pelanggan.
- Dengan ini Pelanggan memberikan persetujuan dan kuasa kepada NagaExchange untuk menggunakan semua/segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan Pernyataan yang diperoleh NagaExchange mengenai Pelanggan serta tidak terbatas pada Pengunaan sarana komunikasi pribadi Pelanggan untuk segala keperluan lainnya dan diperbolehkan menurut Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, termasuk juga untuk keperluan pemasaran produk-produk NagaExchange ataupun produk pihak lain yang bekerja sama dengan NagaExchange. Bahwa untuk Pengunaan data yang memerlukan persetujuan kepada pihak ketiga manapun untuk Penggunaan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan dan dengan ini NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan dan pihak manapun atas segala risiko, tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian yang mungkin timbul di kemudian hari sehubungan dengan Penggunaan segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan yang telah memperoleh persetujuan tersebut oleh NagaExchange.
III. PERNYATAAN DAN JAMINAN
- Bahwa segala bentuk layanan yang terdapat di NagaExchange tidak terdapat jaminan atau garansi apapun yang dalam hal ini NagaExchange tidak menjamin bahwa Website, Aplikasi NagaExchange (Android/IOS) dan/atau layanan apapun yang disediakan oleh NagaExchange akan selalu dapat diakses setiap waktu dikarenakan adanya gangguan atau pemeliharaan rutin pada sistem dan jaringan.
- Dengan ini Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa mereka akan menggunakaan fasilitas di NagaExchange dengan baik dan bertanggung jawab. Serta tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan/atau melawan hukum di segala bentuk Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
- Bahwa sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan pendaftaran/registrasi Anda sampai dengan verifikasi, Calon Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa hal-hal yang berkaitan dengan segala bentuk Data /Dokumen/Informasi/Keterangan/Pernyataan pribadi yang diberikan oleh Calon Pelanggan kepada NagaExchange selama proses pendaftaran di Aplikasi NagaExchange (Android/IOS) dan/atau layanan apapun yang disediakan oleh NagaExchange adalah benar, asli, lengkap, aktual, dan terpercaya.
- NagaExchange menjalankan kebijakan Anti Pencucian Uang (Anti Money Laundering/AML), Pencegahan Pendanaan Terorisme (Counter Financing of Terrorism/CFT), dan kepatuhan terhadap kebijakan Pelanggan (AML/CFT Policy). Sesuai dengan kebijakan ini, NagaExchange berhak melakukan kebijakan sendiri, melakukan verifikasi identitas dan prosedur penyaringan lainnya terkait dengan Pelanggan atau transaksi yang terkait di akun NagaExchange Pelanggan. Dalam hal ini, Pelanggan setuju dan bersedia untuk memberikan informasi dan dokumen yang diminta atau diperlukan oleh NagaExchange dari waktu ke waktu untuk memenuhi persyaratan dalam ketentuan ini atau terkait dengan akun NagaExchange Pelanggan, namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir, nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto kartu identitas atau dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah, atau bukti foto identitas Pelanggan lainnya, serta informasi mengenai akun aset kripto Pelanggan. NagaExchange tidak akan memiliki kewajiban atau tanggung jawab atas ketidakmampuan permanen atau sementara untuk mengakses atau menggunakan layanan apa pun sebagai akibat dari verifikasi identitas atau prosedur penyaringan lainnya.
- Sesuai dengan kebijakan AML/CFT, NagaExchange berhak melakukan pemantauan berkelanjutan terhadap semua akun Pelanggan NagaExchange. Jika terdapat pola perdagangan yang sangat besar, tidak biasa, atau keadaan yang mencurigakan atau tidak dapat dijelaskan, NagaExchange dapat melakukan penangguhan administratif atau membekukan akun Pelanggan NagaExchange. Pelanggan menyetujui bahwa NagaExchange tidak bertanggung jawab atas ketidakmampuan sementara atau permanen untuk mengakses atau menggunakan Layanan apa pun yang disebabkan oleh tindakan tersebut. Jika di kemudian hari terungkap bahwa data, dokumen, informasi, keterangan, atau pernyataan pribadi yang diberikan oleh Pelanggan kepada NagaExchange tidak benar, melanggar hukum, atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan NagaExchange mendapatkan informasi tersebut dari pihak manapun, maka calon Pelanggan atau Pelanggan dengan ini menyatakan bersedia bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas tindakan pemalsuan data diri tersebut.
- Bahwa NagaExchange telah memberikan keterangan dan penjelasan yang cukup mengenai fasilitas NagaExchange yang akan dipergunakan Pelanggan sesuai dengan Ketentuan pada SKU dan Pelanggan telah mengerti dan memahami serta bersedia untuk bertanggung jawab dan bersedia menanggung segala bentuk konsekuensi/akibat yang mungkin timbul sehubungan dengan Penggunaan Layanan dan fasilitas NagaExchange termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada fasilitas dan layanan di NagaExchange.
- Bahwa dengan ini Pelanggan bertanggungjawab sepenuhnya dan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atas segala bentuk kerugian, klaim, dan/atau tuntutan yang timbul akibat dari kelalaian, atau kegagalan Pelanggan dalam menjalankan transaksi.
- Bahwa dengan ini Pelanggan memberikan jaminan kepada NagaExchange bahwa Pelanggan beserta dengan seluruh karyawannya dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan Pelanggan tidak akan memperbanyak dan/atau membuat, memberikan, menyewakan, menjual, memindahkan, dan/atau mengalihfungsikan layanan NagaExchange baik sebagian atau seluruhnya kepada pihak lain dengan maksud, tujuan, dan alasan apapun, dan tidak terbatas untuk kejahatan/penipuan/kecurangan. Bahwa apabila Pelanggan melanggar ketentuan tersebut, maka Pelanggan dengan ini wajib bertanggung jawab atas segala kerugian, tuntutan, gugatan, yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut dan dengan ini Pelanggan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atau pihak manapun atas segala bentuk klaim, gugatan, dan/atau tuntutan yang timbul akibat pelanggaran tersebut.
- Bahwa dengan menyetujui persyaratan ini, Pelanggan menyatakan bahwa Pelanggan mengejar partisipasi dalam jaringan berbasis blockchain sebagai bagian dari aktivitas profesional Pelanggan dan terbiasa dengan token digital atau token kriptografi dan memperdagangkannya serta risiko yang menyertainya dan perdagangannya.
IV. KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB
- Kewajiban dan Tanggung Jawab Pelanggan NagaExchange dalam hal ini sebagai berikut:
- Pelanggan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan identitasnya;
- Pelanggan bertanggung jawab untuk menjaga rahasia Data-Data, Dokumen, Informasi, Keterangan dan/atau Pernyataan yang bersifat pribadi, seperti: Nama Pelanggan, One Time Password (OTP) / Kode Verifikasi, PIN (Personal Identification Number), Two Factor Authentication (2FA) dan lainnya;
- Setiap Pelanggan wajib menjaga keamanan password / PIN masing-masing dengan tidak memberikan kepada orang lain;
- Pelanggan setuju untuk memperbaharui Data/Dokumen/Informasi/Keterangan/ Pernyataan pribadinya jika informasi yang diberikan Pelanggan telah berubah;
- Pelanggan bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukkan nomor tujuan, kesalahan memasukkan nomor rekening, dan kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu Pelanggan wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi dan kerugian/pengurangan saldo di akun Pelanggan atas transaksi yang keliru merupakan beban Pelanggan;
- Pelanggan harus memahami dan setuju akan menggunakan akun dan fasilitas NagaExchange untuk transaksi yang tidak bertentangan dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan dan/atau Kebijakan Internal NagaExchange yang berlaku dan/atau peraturan-peraturan lainnya yang berlaku secara nasional maupun internasional yang terkait dengan pelaksanaan transaksi tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung;
- Pelanggan diwajibkan untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan NagaExchange dan tidak diperbolehkan melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi NagaExchange dan/atau yang bertentangan dengan SKU dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
- Kewajiban Umum NagaExchange
Kewajiban Umum NagaExchange dalam hal ini sebagai berikut:
- Bahwa NagaExchange akan menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu, guna menyediakan Layanan secara berkelanjutan dan stabil bagi Pelanggan. Sesuai dengan syarat dan ketentuan serta Kebijakan Privasi yang telah ditetapkan oleh NagaExchange;
- Bahwa NagaExchange akan menggunakan upaya yang wajar dan dianggap perlu secara komersial untuk menangani semua keluhan asli dari Pelanggan secara adil dan setara;
- Bahwa NagaExchange akan menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu sehingga Pelanggan mendapatkan hak atas layanan transaksi secara profesional, adil, dan setara;
- Bahwa NagaExchange harus menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu secara komersial untuk mengadopsi sistem keamanan yang sedemikian kuat yang dirancang untuk melindungi Data Pribadi Pelanggan (termasuk informasi keuangan dan transaksi yang dijalankan) untuk memastikan bahwa Pelanggan menggunakan Layanan dalam lingkungan yang aman dan terjamin.
- Kewenangan NagaExchange Terhadap Pelanggan
- NagaExchange berhak memverifikasi, menjaga kerahasiaan dan menggunakan semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran yaitu penyampaian Data/Dokumen/Informasi/Keterangan/Pernyataan dari Pelanggan untuk kepentingan NagaExchange sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa adanya kewajiban bagi NagaExchange untuk memberitahukan, meminta persetujuan, memberikan kompensasi dengan alasan apapun.
- NagaExchange memiliki kewenangan untuk memantau aktivitas akun dan transaksi Pelanggan terdaftar dan/atau terverifikasi sebagai tindakan pencegahan kejahatan keuangan. Pelanggan harus memberikan otorisasi kepada Pelanggan untuk mengajukan pertanyaan, baik secara langsung atau melalui pihak ketiga yang dianggap NagaExchange perlu untuk memverifikasi identitas, transaksi, dan aktivitas Pelanggan untuk melindungi Pelanggan dan/atau NagaExchange dari penipuan atau bentuk kejahatan lainnya, serta untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu.
- NagaExchange berhak untuk menangguhkan akun Pelanggan dan semua akun yang berpotensi melakukan aktivitas mencurigakan Pelanggan, aktivitas tidak wajar Pelanggan, menunda, menolak transaksi, dan membekukan aset kripto di semua akun tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut. Dalam kasus dimana NagaExchange dapat mengkonfirmasi pelanggaran tersebut, NagaExchange memiliki hak penuh untuk menghentikan akun Pelanggan.
- NagaExchange berhak untuk melakukan penyesuaian terhadap kesalahan data transaksi pada sistem trading apabila terdapat kesalahan data transaksi pada sistem trading.
- Apabila Pelanggan melanggar salah satu atau beberapa ketentuan dalam ketentuan ini, maka Pelanggan akan bertanggung jawab sepenuhnya dan dengan ini setuju bahwa atas pelanggaran tersebut, NagaExchange berhak untuk membatasi fitur Penggunaan layanan NagaExchange dan Pelanggan mengetahui dan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atau pihak manapun atas segala resiko atau akibat yang timbul atas pembatasan Penggunaan layanan tersebut.
V. PERUBAHAN DATA PENDUKUNG (PENGKINIAN DATA)
Pelanggan dapat mengetahui informasi akun NagaExchange miliknya melalui layanan yang disediakan dan ditetapkan oleh NagaExchange. Perubahan dan Pembaharuan Data Pendukung wajib dilakukan oleh Pelanggan terhadap data berupa Nomor Telepon, Alamat E-Mail dan Data Pendukung Lainnya sesuai dengan kondisi terkini. Hal ini sesuai dengan Prinsip Mengenali Pelanggan Jasa (Know Your Customer Principles) yang diterapkan oleh PT Cipta Koin Digital. Perubahan dan Pembaharuan Data dilakukan dengan melakukan pengiriman E-Mail dengan subjek ‘Perubahan Data’ ke [email protected] dengan menuliskan data apa yang ingin disesuaikan oleh Pelanggan disertai alasan perubahan. Proses perubahan wajib disertai dengan pencantuman Softcopy Identitas Diri, Username, Nama Lengkap, Alamat, E-Mail, Data Lama yang ingin diubah dan data pembaharuan. Untuk selanjutnya, Tim verifikasi akan memberikan notifikasi dengan menghubungi nomor telepon utama atau nomor telepon alternatif yang telah terdaftar, demi menunjang segala proses tersebut terselesaikan secara tepat waktu maka diminta kesediaannya untuk memastikan nomor tersebut dalam kondisi aktif dan dapat dihubungi.
VI. TATA CARA KEGIATAN TRANSAKSI
- Proses Jual Beli Aset Kripto
Cara membeli aset kripto di NagaExchange pastikan akun anda sudah melakukan verifikasi sebelum melakukan transaksi di NagaExchange. Untuk membeli aset kripto pada aplikasi NagaExchange, Anda dapat mengikuti langkah berikut di bawah ini :
- Ketika sudah Login di aplikasi NagaExchange, klik “Pasar”;
- Setelah masuk di menu “Pasar” akan menampilkan semua aset kripto di NagaExchange;
- Silahkan kamu geser kebawah layar Anda dan pilih aset yang akan Anda beli;
- Klik “Beli”;
- Anda akan diarahkan ke halaman “Beli” dengan pilihan “Market Order” dan “Limit Order”. Perbedaan utama antara “Market Order” dan “Limit Order”, market order memicu pembelian aset kripto secara langsung pada nilai pasar saat ini, sedangkan limit order memungkinkan kamu untuk menunda transaksi hingga aset kripto mencapai harga yang Anda tentukan;
- Setelah itu masukkan nominal pembelian yang ingin kamu beli Pada aset kripto yang akan Anda inginkan, minimal pembelian yaitu Rp. 10.000,-
- Harga Beli dan unit yang tampil merupakan estimasi atau perkiraan saja dan harga sebenarnya akan muncul di harga akhir yaitu saat transaki berhasil dilakukan;
- Pastikan pembelian Anda sudah sesuai, setelah itu klik “Beli” muncul pop up “Konfirmasi” untuk Transaksi Anda, ”Apakah yakin untuk membeli aset kripto” selanjutnya klik ”Beli”. Dan transaksi Anda sudah berhasil;
- Buka menu “Dompet” untuk melihat aset kripto yang telah Anda beli untuk mengetahui posisi atas pembelian aset kripto anda, untuk melihat riwayat atas aset kripto yang anda Beli silahkan klik “Catatan Perdagangan”.
- Cara Menjual Aset Kripto di NagaExchange.
Sebelum melakukan penjualan aset kripto pada aplikasi NagaExchange, Anda dapat mengikuti langkah berikut dibawah ini:
- Ketika sudah Login di aplikasi NagaExchange, klik “Dompet”;
- Setelah masuk di menu “Dompet” akan menampilkan aset kripto Anda;
- Klik aset kripto yang ingin Anda jual;
- Kemudian muncul halaman transaksi jual/beli aset kripto lalu klik “Jual”;
- Anda akan diarahkan ke halaman “Jual” disitu ada pilihan “Market Selling” dan “Limit Selling”. Perbedaan utama antara “Market Selling/Limit Selling”, market selling memicu penjualan aset kripto secara langsung pada nilai pasar saat ini, sedangkan limit selling memungkinkan kamu untuk menunda penjualan hingga aset kripto mencapai harga yang Anda tentukan;
- Masukkan nominal penjualan yang kamu inginkan;
- Cek kembali detail penjualan aset kripto Anda. Konfirmasi transaksi Anda apakah yakin untuk menjual aset kripto Anda.
- Proses Penyetoran Rupiah
Mekanisme setoran/deposit di NagaExchange berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan deposit di NagaExchange melalui Virtual Account:
- Silahkan Login ke aplikasi NagaExchange, klik “Dompet”;
- Pilih menu “Setoran”;
- Anda akan mendapatkan nomor virtual account;
- Lalu muncul tampilan 'Virtual Account Bank Permata atau Bank Sahabat Sampoerna';
- Setelah setoran selesai dilakukan, tunggu beberapa saat untuk mendapatkan notifikasi atau informasi setoran pembayaran;
- Proses Penerimaan Aset Kripto
Jika ingin melakukan proses deposit aset kripto, pastikan jenis aset kripto nya terlebih dahulu, silahkan ikuti langkah berikut :
- Silahkan Login ke aplikasi NagaExchnage, klik “Dompet”;
- Pilih menu “setoran”;
- Setelah itu klik “Aset Kripto” dibagian pojok kanan atas;
- Pilih jenis Aset Kripto yang anda ingin setorkan;
- Kemudian pilih jaringan yang sesuai dengan tujuan Anda;
- Klik copy/salin alamat silahkan kirim ke alamat aset kripto yang Anda pilih, mengirim koin/token ke alamat lain dapat mengakibatkan hilangnya setoran Anda. Minimal setoran aset kripto berbagai jenis aset. Setiap setoran yang kurang dari atau sama dengan jumlah minimal akan mengakibatkan hilangnya setoran Anda.
- Harap tunggu transaksi sedang di proses dalam sistem jaringan blockchain. Mohon tunggu. Terima kasih.
- Proses Penarikan Rupiah
Berikut ini adalah langkah - langkah untuk melakukan Penarikan atau Withdrawal Saldo Rupiah:
- Silahkan Login dan klik ke halaman “Dompet”;
- Pilih menu “Penarikan”;
- Lalu pilih “Akun Bank” Tambahkan Akun Bank;
- Masukkan secara detail nama yang sesuai dengan nama yang sudah terdaftar di akun NagaExchange;
- Pilih Rekening Bank yang ingin Pelanggan gunakan, masukkan nomor rekening Anda, nama rekening Pelanggan yang terdaftar di NagaExchange. Jika data bank Pelanggan tersedia, maka silahkan pilih “Rekening Bank” yang ingin Pelanggan gunakan;
- Selanjutnya lihat data bank Pelanggan apakah sudah sesuai dan silahkan memasukkan nominal saldo rupiah yang ingin Pelanggan withdraw. Kemudian, ajukan penarikan dengan klik “Selanjutnya”;
- Tunggu tim keuangan kami untuk memvalidasi penarikan Pelanggan. Proses penarikan dapat memakan waktu maksimal 1x24 jam dalam hari kerja;
- NagaExchange mengenakan biaya untuk penarikan saldo rupiah dengan biaya withdrawal sebesar Rp10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Sebagai catatan, Kebijakan NagaExchange menetapkan saldo minimum withdrawal sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah).
Permintaan pencairan saldo Rupiah akan diproses pada hari kerja pukul 08.00-17.00 (Tidak termasuk hari libur dan tanggal merah)
- Proses Penarikan Aset Kripto/Pengiriman Aset kripto ke Wallet lain
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan Penarikan aset kripto atau Withdrawal aset kripto :
- Pertama, silahkan masuk menu “Dompet”;
- Kemudian, klik menu “Penarikan” pilih aset kripto yang anda tarik;
- Lalu pilih jaringan yang sesuai anda inginkan;
- Selanjutnya masukkan jumlah penarikan yang anda mau ditarik, dan lengkapi data yang diperlukan dengan teliti;
- Masukkan alamat/memo penerima;
- Klik “Penarikan”;
- Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN dan 2FA;
- Harap tunggu transaksi sedang di proses dalam sistem kami. Mohon tunggu. Terima kasih.
Permintaan penarikan Aset Kripto akan diproses pada hari kerja pukul 08.00-17.00 (Tidak termasuk hari libur dan tanggal merah)
VII. BIAYA TRANSAKSI DAN BATAS PENARIKAN DANA
Biaya Detail Perdagangan di NagaExchange dapat dilihat selengkapnya pada link berikut ini:
https://nagaexchange.co.id/.VII. KEAMANAN TRANSAKSI
Pada Aplikasi NagaExchange, Pelanggan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur keamanan akun, yaitu 2FA (Two Factor Authentication) dan PIN (Personal Identification Number). Fitur ini digunakan untuk mengakses Aplikasi NagaExchange dan pada saat melakukan penarikan dana Rupiah atau penarikan Aset Kripto. Fitur ini bertujuan untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan adalah Pemilik yang sah, serta mencegah tindakan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
IX. LAYANAN PENGADUAN PELANGGAN ASET KRIPTO
Pengaduan Pelanggan ini dibuat dan disediakan dengan tujuan agar terdapat tempat terkait penanganan dan penyelesaian pengaduan Pelanggan atas Penggunaan layanan di NagaExchange. Proses penanganan dan penyelesaian ini menjadi bentuk dan tanggung jawab serta perlindungan NagaExchange terhadap Pelanggan. Layanan pengaduan Pelanggan merupakan fasilitas yang dimiliki oleh semua Pelanggan NagaExchange tanpa melihat adanya kepemilikan atau perbedaan status keanggotaan NagaExchange. Pelanggan dapat mengadukan setiap keluhan agar permasalahan yang dialami dapat diproses oleh NagaExchange. NagaExchange selaku penyedia layanan exchanger pegadang fisik aset kripto atau sebuah market digital (online) untuk jual/beli aset kripto akan memberikan kesetaraan pelayanan pengaduan terhadap setiap keluhan yang diajukan oleh Pelanggan. Pengaduan Pelanggan disini terkait dengan pelanggaran ketentuan, pemberitahuan data, kerugian konsumen dan/atau apabila terjadi permasalahan berkenaan dengan kepemilikan aset kripto yang dimiliki oleh Pelanggan berkaitan dengan Penggunaan layanan NagaExchange, diantaranya:
- Berkenaan dengan pengaduan Pelanggan, Pelanggan memiliki hak untuk melakukan pengaduan kepada NagaExchange dengan kondisi sebagai berikut:
- Apabila Pelanggan menerima spam, segala bentuk iklan liar dan/atau surat elektronik yang mengatasnamakan nama selain NagaExchange yang meminta data pribadi dan/atau mengganggu kenyamanan Pelanggan;
- Apabila terdapat praktik tindak kejahatan pencurian dan penipuan aset kripto yang mengakibatkan hilangnya aset kripto di Akun Pelanggan;
- Apabila terdapat dugaan aktivitas pelanggaran data Pelanggan oleh pihak lain yang bukan dijelaskan pada poin(a) dan (b) di atas.
- Berkenaan dengan praktik penyalahgunaan data Pelanggan oleh pihak lain yang mengakibatkan adanya spam atau praktik skimming.
- Berkenaan dengan hilangnya aset kripto di Akun Pelanggan sebagai akibat dari adanya praktik tindak pidana kejahatan elektronik oleh pihak lain.
Berikut adalah jadwal jam operasional layanan pengaduan NagaExchange:
- Layanan pengaduan NagaExchange :Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 (Tidak termasuk tanggal merah dan hari libur).
- E-mail :[email protected].
- Telegram :NagaExchange Official Group
- Instagram :nagaexchange
- WhatsApp :0811 1200 9666
X. PENYELESAIAN PERSELISIHAN PELANGGAN ASET KRIPTO
Setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kerja sama akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
- Dalam hal terjadi perselisihan antara para pihak dalam penyelenggaraan perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto, terlebih dahulu dilakukan penyelesaian dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat antara para pihak dalam batas waktu sebagaimana diatur dalam perjanjian antar para pihak atau peraturan Bappebti.
- Dalam hal tidak tercapai mufakat sebagaimana dimaksud poin (a), para pihak yang berselisih dapat menyelesaikan melalui sarana penyelesaian perselisihan yang disediakan oleh Bursa Aset Kripto dalam batas waktu sebagaimana diatur dalam perjanjian antar para pihak dan/atau peraturan dan tata tertib Bursa Aset kripto atau peraturan Bappebti.
- Dalam hal tidak tercapai mufakat sebagaimana dimaksud pada poin (b), para pihak yang berselisih dapat menyelesaikan melalui Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi (BAKTI) atau Pengadilan Negeri sesuai forum penyelesaian perselisihan yang diatur dalam perjanjian antar para pihak.
- Pengabaian gugatan kelompok atau perwakilan. Dalam jangkauan sejauh yang diizinkan oleh hukum, NagaExchange dan Pelanggan masing-masing setuju bahwa akan membawa Perselisihan terhadap satu sama lain hanya di dalam kapasitas Pelanggan atau individu dan NagaExchange serta mengabaikan segala hak untuk memulai atau berpartisipasi dalam segala gugatan kelompok/perwakilan atau melanjutkan melawan satu sama lain.
XI. FORCE MAJEURE
Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang terjadi di luar kemampuan dan kekuasaan NagaExchange sehingga mempengaruhi pelaksanaan transaksi antara lain:
- Bencana alam seperti, gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan lain-lain;
- Perang, demonstrasi, huru-hara, terorisme, sabotase, embargo, dan pemogokan massal;
- Kebijakan ekonomi dari Pemerintah yang mempengaruhi secara langsung; dan
- Adanya suatu wabah penyakit/pandemi yang mengancam kesehatan secara global. Sepanjang NagaExchange telah melaksanakan segala kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jika terjadi Force Majeure, maka NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggung jawab dan tuntutan apapun yang mungkin timbul sehubungan dengan keterlambatan maupun tidak dapat dilaksanakannya kewajiban akibat Force Majeure.
XII. WAKTU HENTI TERJADWAL
Secara berkala, NagaExchange dapat menangguhkan perdagangan untuk keperluan pemeliharaan atau peningkatan sistem. Tanpa ada kondisi khusus, NagaExchange akan mengikuti prosedur berikut untuk menutup dan membuka kembali perdagangan:
Langkah 1: Pengumuman Downtime Terjadwal
Pengumuman downtime terjadwal akan disampaikan melalui media sosial dan email.
Langkah 2: Downtime Terjadwal Dimulai
Pasar NagaExchange akan dihentikan untuk sementara waktu. Selama periode ini, transaksi dan beberapa fitur perdagangan lainnya tidak akan tersedia.
Langkah 3: Selesai Downtime Terjadwal
Segera setelah periode downtime terjadwal selesai
Langkah 4: Pemulihan Sistem
- Memastikan sistem perdagangan kembali beroperasi normal.
- Mengumumkan melalui Telegram dan/atau Twitter bahwa downtime telah berakhir.
XII. PENERAPAN PROGRAM ANTI PENCUCIAN UANG DAN PENCEGAHAN PENDANAAN TERORISME (APU-PPT) DAN PROLIFERASI SENJATA PEMUSNAH MASSAL
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 mengenai Pencegaham dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang (UU TPPU) dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (UU TPPT) dan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pedoman Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal Oleh Pialang Berjangka, Calon Pedagang Fisik Aset Kripto dan Pedagang Fisik Aset Kripto. Sebagai landasan hukum yang kuat dalam segala upaya pencegahan dan pemberantasan TPPU dan TPPT, serta merujuk pada Peraturan BAPPEBTI Nomor 13 Tahun 2022 berdasarkan Perubahan atas Peraturan BAPPEBTI Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelengaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.
Tujuan dari kebijakan APU-PPT ini adalah untuk mencegah tindak Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme dan keterlibatan dalam organisasi Teroris dan mempertimbangkan kebutuhan untuk memiliki sistem dan kontrol yang memadai untuk mengurangi risiko perusahaan yang digunakan untuk memfasilitasi kejahatan keuangan. Kebijakan APU-PPT ini menetapkan standar minimal yang harus dipatuhi mencangkup langkah-langkah berikut:
- Manajemen NagaExchange memainkan peran aktif dalam implementasi program APU-PPT di perusahaan;
- Penunjukan Tim Kepatuhan untuk menjalankan program APU-PPT dalam perusahaan;
- Menetapkan dan menjaga metode Pendekatan Berbasis Risiko untuk mengevaluasi serta mengelola risiko terkait pencucian uang dan pendanaan terorisme dalam lingkup perusahaan.
- Menetapkan dan memelihara prosedur pemeriksaan menyeluruh terhadap pelanggan, termasuk identifikasi, verifikasi melalui DUKCAPIL, dan penerapan Konsep Mengenal Pelanggan NagaExchange (CDD) berdasarkan risiko. Ini juga mencakup prosedur pemeriksaan yang lebih intensif bagi pelanggan dengan risiko yang lebih tinggi, seperti individu yang memiliki keterkaitan politik (PEP). Di samping itu, dilakukan pemeriksaan terhadap Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT), serta Daftar Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (Weapons of Mass Destruction/WMD) yang berasal daru regulator;
- Menetapkan dan menjaga sistem dan prosedur berbasis risiko untuk terus memantau aktivitas pelanggan yang berlangsung;
- Menetapkan prosedur internal untuk melaporkan aktivitas yang mencurigakan, baik kepada pihak internal maupun otoritas penegak hukum yang berwenang;
- Pemeliharaan catatan yang sesuai untuk periode minimum yang ditentukan;
- Memberikan pelatihan dan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya APU-PPT bagi semua karyawan yang terlibat.
Perusahaan menerapkan strategi berbasis risiko ketika mengadopsi dan menjalankan tindakan-tindakan dalam upaya Menangkal Pendanaan Terorisme atau Counter Financing of Terrorism (CFT), serta dalam penilaian risiko terkait APU-PPT.
Perusahaan menjalankan pengawasan terhadap implementasi CFT di dalam platform NagaExchange dan mengambil keputusan yang tidak dapat diragukan terkait penerapan CFT dalam aspek bisnis, strategi, dan operasional lainnya.
Kebijakan Sanksi Internasional (ISP)
Perusahaan NagaExchange dilarang bertransaksi dengan individu, perusahaan dan negara yang ada dalam daftar sanksi yang di tentukan oleh UN (United Nations), OFAC (Office Foregin Asset Controls) dan organisasi terkait lainnya.