1. Syarat dan Ketentuan

   Syarat–syarat dan Ketentuan Umum bagi Pelanggan NagaExchange (berikut seluruh lampiran, perubahan dan/atau penambahan serta pembaharuannya), Untuk selanjutnya disebut sebagai “SKU”. Bahwa SKU dalam hal ini berisikan mengenai Syarat dan Ketentuan atau disebut dengan (Terms and Condition), mengenai penggunaan Produk, Jasa, dan juga Teknologi yang termasuk pula dalam seluruh fasilitas dan fitur layanan yang diberikan oleh NagaExchange. Bahwa dengan mendaftar menjadi Pelanggan NagaExchange maka Pelanggan dengan ini dianggap telah menyatakan dan mengikatkan diri telah MEMBACA, MEMAHAMI, MENYETUJUI dan MEMATUHI segala bentuk Syarat dan Ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh NagaExchange. Bahwa segala bentuk Syarat dan Ketentuan bagi Pelanggan akan dijelaskan lebih lanjut di bawah dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Umum ini. Bahwa Pelanggan disarankan untuk membaca, memahami, dan mengerti terhadap isi atau subtansi yang terdapat dalam semua Syarat dan Ketentuan secara seksama sebelum menggunakan Website dan Aplikasi atau segala bentuk layanan yang diberikan oleh NagaExchange, dan bersama dengan ini Pelanggan setuju dan mengikatkan diri secara penuh dan bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan dalam SKU ini dengan Syarat-syarat dan Ketentuan Umum sebagai berikut:

2. Definisi dan Istilah

   Seluruh istilah – istilah yang di sebutkan dalam ketentuan pengguna Website dan Aplikasi NagaExchange ini memiliki arti yang sama Selama konteks kalimat ini tidak memiliki arti yang lain, frasa dan definisi dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:

  1. NagaExchange adalah PT Cipta Koin Digital penggunaan jasa, layanan, konten, fasilitas dan/atau produk-produk Aset Kripto atau material lain yang tersedia pada Website dan Aplikasi NagaExchange (“Layanan”).
  2. Website mengacu pada situs online dengan alamat https://nagaExchange.co.id. Website ini dikelola oleh PT Cipta Koin Digital, dengan tidak terbatas pada para pemilik, investor, karyawan dan pihak-pihak yang terkait dengan PT Cipta Koin Digital. Tergantung pada konteks, NagaExchange dapat juga mengacu pada jasa, produk, situs, konten atau material lain yang disediakan oleh PT Cipta Koin Digital.
  3. Aplikasi adalah platform digital yang dimiliki dan dikelola oleh PT Cipta Koin Digital untuk memfasilitasi transaksi Aset Kripto yang diselenggarakan oleh NagaExchange.
  4. Registrasi adalah proses pendaftaran menjadi Pelanggan NagaExchange yang merupakan proses verifikasi awal untuk memperoleh data-data, keterangan, informasi, dan pernyataan dari Pelanggan.
  5. Pelanggan adalah orang (perseorangan) yang telah melakukan proses pendaftaran/registrasi pada Aplikasi dengan melalui proses verifikasi dan memperoleh otorisasi dari NagaExchange untuk melakukan kegiatan Perdagangan Fisik Aset Kripto.
  6. Verifikasi adalah kegiatan pemeriksaan dalam proses registrasi mengenai data-data, keterangan, informasi, dan pernyataan pribadi calon pelanggan, dan informasi pribadi yang dicantumkan pada saat registrasi akan dilakukan validasi data oleh NagaExchange guna menjadi pelanggan NagaExchange. Setelah proses verifikasi selesai dan seluruh data-data, keterangan, informasi, dan pernyataan adalah benar milik pribadi calon Pelanggan maka calon Pelanggan tersebut akan menjadi Pelanggan dan berhak atas layanan dari NagaExchange.
  7. Akun NagaExchange adalah akses yang diberikan kepada pelanggan NagaExchange untuk mendapatkan informasi dan untuk melakukan kegiatan Perdagangan Fisik Aset Kripto
  8. Aset Kripto (Crypto Asset) yang selanjutnya disebut Aset Kripto adalah Komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital, menggunakan kriptografi, jaringan informasi teknologi, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.
  9. Kata Sandi adalah kumpulan karakter yang terdiri dari rangkaian alfa-numerik atau kombinasi keduanya dan digunakan oleh Pelanggan untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan pada NagaExchange.
  10. Blockchain adalah sebuah buku besar terdistribusi (Distributed Ledger) terbuka yang dapat mencatat transaksi antara 2 (dua) pihak secara efisien dan dengan cara yang dapat diverifikasi secara permanen.
  11. Deposit adalah proses penyimpanan Aset Digital ataupun Rupiah oleh Pelanggan. Deposit merujuk pada mekanisme penambahan (Top-Up) untuk saldo Rupiah atau Aset Digital dan dalam proses tersebut dilakukan dengan menggunakan media akun milik Pelanggan yang telah terdaftar di NagaExchange. Berkenaan dengan mekanisme deposit ini bisa dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) metode, Pertama Pelanggan mengirimkan saldo Aset Digital dari dompet (wallet) Pelanggan untuk diterima di akun milik Pelanggan di NagaExchange dan Kedua dengan mengirimkan Rupiah ke dalam akun Pelanggan melalui bank transfer dan metode lainnya.
  12. Withdraw atau Tarik adalah proses pemindahan atau penarikan terhadap Aset Digital atau Rupiah oleh pelanggan. Withdraw juga merujuk terhadap proses pemindahan atau penarikan Aset Digital ataupun Rupiah dari akun milik pelanggan di NagaExchange ke wallet atau rekening bank lain. Mekanisme withdraw atau penarikan ke rekening bank hanya bisa dilakukan apabila nama pemilik akun bank tersebut sesuai dengan nama pemilik akun NagaExchange.
  13. Order Book adalah daftar harga jual dan harga beli yang tersedia pada NagaExchange. Pelanggan dapat membeli atau menjual Aset Digital menggunakan harga yang tertera dan untuk memudahkan Pelanggan, Order Book dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu: Pertama, Market Beli adalah Daftar permintaan pembelian Aset Digital lengkap dengan jumlah aset digital dan harga yang ditawarkan oleh pembeli. Kedua, Market Jual adalah Daftar aset digital yang dijual lengkap dengan jumlah aset digital dan harga yang diminta oleh penjual.
  14. Limit Pengiriman Aset Kripto adalah batas minimal dan maksimal dalam melakukan pengiriman Aset Kripto ke dompet Aset Kripto lain per-harinya. Perlu untuk dijelaskan bahwa setiap Akun Pelanggan akan memiliki limit pengiriman yang berbeda dan disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan ini dengan didasarkan pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
  15. Limit Penarikan Rupiah adalah batas minimal dan maksimal penarikan Rupiah perharinya. Perlu untuk dijelaskan bahwa setiap Akun Pelanggan akan memiliki limit penarikan yang berbeda yang disesuaikan dengan Syarat dan Ketentuan dan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku.
  16. Miner fee adalah biaya yang perlu dibayar kepara Miner ketika mengirimkan Aset Kripto ke BlockChain.
  17. KYC (Know Your Customer Principles) adalah proses penilaian terhadap calon pelanggan dan pelanggan untuk mengetahui latar belakang dan Iktikad Baik (Good Faith) terhadap perbuatan yang akan dilakukan dalam sebuah kegiatan trading mata uang digital.
  18. AML (Anti Money Laundering) & CFT (Countering Financing of Terrorism) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi dan menghentikan Praktik Tindak Pidana Pencucian Uang, Tindak Pidana Korupsi, Pencegahan Pendanaan Terorisme serta Proliferasi senjata pemusnah masal.
  19. Kebijakan AML/CFT bertujuan untuk mengamankan NagaExchange dari pencucian uang dan pendanaan terorisme. Kebijakan tersebut menguraikan prinsip dan standar minimum pengendalian AML/CFT internal yang harus dipatuhi oleh NagaExchange untuk memitigasi risiko kerugian finansial, reputasi, peraturan dan hukum.
  20. DTTOT adalah Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris. Transaksi keuangan dengan maksud untuk digunakan dan/atau yang diketahui akan digunakan untuk melakukan tindak pidana terorisme atau transaksi yang melibatkan setiap orang yang berdasarkan Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang.
3. Proses Registrasi/Pendaftaran Pelanggan
  1. Pelanggan setuju dan sepakat untuk tunduk dan patuh pada Syarat dan Ketentuan Umum NagaExchange dan mengikat secara hukum;
  2. Pelanggan dapat melakukan proses registrasi atau pendaftaran dengan syarat dan ketentuan apabila telah berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun dan/atau telah menikah;
  3. Memiliki identitas yang jelas dan sah menurut hukum;
  4. Pelanggan mendaftarakan alamat E-mail Aktif, Kata Sandi, dan Nomor Ponsel;dan
  5. Pelanggan harus mendaftarkan Nama Lengkap, Nomor KTP, Swafoto (selfie) bersama dengan KTP yang keseluruhannya merupakan identitas asli Calon Pelanggan. Dengan KTP yang keseluruhannya merupakan identitas asli Calon Pelanggan. Pada saat proses registrasi, calon pelanggan dalam hal ini wajib mengisi semua data, Dokumen, informasi pada form sebagai berikut:
    1. Nama Lengkap;
    2. Kartu Identitas (Kartu Tanda Penduduk bagi warga negara Indonesia, atau passport dan kartu identitas yang diterbitkan oleh Negara asal Pelanggan Aset Kripto (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi warga negara asing; dan)
    3. Email;
    4. Kewarganegaraan;
    5. Tempat/Tanggal Lahir;
    6. Nomor Handphone;
    7. Alamat Sesuai Identitas dan Alamat Tempat Tinggal saat ini;
    8. Kode pos; dan
    9. Password / kata sandi.

Penting:

  1. Bahwa apabila diperlukan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan dan/atau segala sesuatu yang diminta NagaExchange yang dianggap perlu berkenaan dengan syarat pendaftaran / registrasi Calon Pelanggan yang ditentukan oleh NagaExchange. Bahwa dengan ini Calon Pelanggan menyatakan serta menjamin bahwa segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan, yang diberikan oleh Calon Pelanggan pada saat proses registrasi / pendaftaran di NagaExchange adalah benar, asli, lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya serta merupakan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan terkini yang tidak ada/ belum ada perubahan dan atas Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan semuanya masih berlaku / belum kadaluarsa.
  2. Bahwa segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan yang diperoleh NagaExchange berkenaan dengan Pelanggan, akan menjadi milik NagaExchange dan NagaExchange berhak untuk melakukan verifikasi, mencocokan, menilai, merahasiakan atau menggunakannya untuk kepentingan NagaExchange sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, tanpa kewajiban NagaExchange untuk Pelangganitahukan atau meminta persetujuan, Pelangganikan jaminan atau ganti rugi apapun dan dengan alasan apapun kepada pelanggan.
  3. Bahwa NagaExchange akan melakukan pengawasan, mengelola, mengatur berdasarkan SOP yang ditetapkan NagaExchange Atas Segala Bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan atau segala sesuatu yang berkenaan dengan Pelanggan maupun kegiatan usaha atau transaksi Pelanggan yang terkait dengan akun milik Pelanggan.
  4. Pelanggan dengan ini Pelangganikan persetujuan dan kuasa kepada NagaExchange untuk menggunakan semua / segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan yang diperoleh NagaExchange mengenai Pelanggan termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan sarana komunikasi pribadi Pelanggan untuk segala keperluan lainnya sepanjang dimungkinkan dan diperbolehkan menurut Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, termasuk juga untuk keperluan pemasaran produk-produk NagaExchange ataupun produk pihak lain yang bekerjasama dengan Kojnku. Bahwa untuk penggunaan data yang memerlukan persetujuan pihak lain, dengan ini Pelanggan menyatakan bahwa Pelanggan Pelangganikan persetujuan kepada pihak ketiga manapun untuk penggunaan Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan dan oleh karena itu NagaExchange dengan ini tidak akan Pelangganikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan dan pihak manapun atas segala risiko, tuntutan, gugatan, dan atau ganti kerugian yang mungkin timbul dikemudian hari sehubungan dengan penggunaan segala bentuk Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, Pernyataan yang telah memperoleh persetujuan tersebut oleh NagaExchange.

Keuntungan Pengguna Yang Telah Terverifikasi:

Kentungan bagi Pengguna yang sudah terverifikasi dapat mengakses semua fitur NagaExchange yaitu:

  • Beli dan jual aset digital;
  • Setor (deposit) dan Tarik (withdraw) Rupiah; dan
  • Mengirim dan menerima rupiah dan aset digital;
4. Pernyataan dan Jaminan
  1. Bahwa segala bentuk Layanan yang terdapat di NagaExchange dalam hal ini NagaExchange tidak memberikan jaminan ataupun garansi apapun dan dalam hal ini NagaExchange tidak menjamin bahwa Website dan Aplikasi NagaExchange akan selalu dapat diakses setiap waktu.
  2. Pelanggan dengan ini menyatakan dan menjamin akan menggunakan fasilitas di NagaExchange dengan baik dan penuh tanggungjawab serta tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan/atau melawan hukum serta segala bentuk Peraturan Perundangan-Undangan yang berlaku.
  3. Bahwa dengan ini Pelanggan menyatakan dan menjamin tidak akan menggunakan fasilitas NagaExchange yang diperuntukan untuk tindak pidana kejatahan, tindakan yang melanggar hukum, tindakan yang melawan hukum dan atau tindakan yang tidak diperkenan / dilarang oleh Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
  4. Bahwa Sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan pendaftaran, Calon Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa hal-hal yang berkaitan dengan segala bentuk Data / Dokumen / Informasi / Keterangan / Pernyataan pribadi yang diberikan oleh Calon Pelanggan kepada NagaExchange selama proses pendaftaran pada aplikasi NagaExchange adalah benar, asli, lengkap dan aktual, serta terpercaya.
  5. Bahwa NagaExchange mempertahankan anti pencucian uang, melawan pendanaan terorisme dan mengetahui kebijakan kepatuhan pelanggan Pelanggan (Kebijakan “AML/CFT”). Berdasarkan kebijakan tersebut, NagaExchange dapat atas kebijakannya sendiri, memerlukan verifikasi identitas dan melalui prosedur penyaringan lainnya sehubungan dengan Pelanggan atau transaksi yang terkait dengan Akun NagaExchange Pelanggan. Pelanggan setuju dan bersedia untuk memberikan kepada NagaExchange setiap dan semua informasi dan dokumen yang NagaExchange mungkin dari waktu ke waktu minta atau perlukan untuk keperluan Ketentuan ini atau sehubungan dengan Akun NagaExchange Pelanggan (termasuk, namun tidak terbatas pada, nama, alamat, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir, nomor identifikasi yang dikeluarkan pemerintah, foto kartu identitas atau dokumen yang dikeluarkan pemerintah atau bukti foto identitas Pelanggan lainnya, dan informasi mengenai Akun Token Digital Pelanggan). NagaExchange tidak akan memiliki kewajiban atau tanggung jawab atas ketidakmampuan permanen atau sementara untuk mengakses atau menggunakan Layanan apa pun sebagai akibat dari verifikasi identitas atau prosedur penyaringan lainnya.
  6. Bahwa sesuai dengan Kebijakan “AML/CFT”, NagaExchange dapat atas pertimbangannya sendiri, melakukan pemantauan berkelanjutan terhadap semua Akun NagaExchange. Jika ada pola perdagangan yang luar biasa besar atau tidak biasa atau keadaan yang tidak dapat dijelaskan atau mencurigakan ditemukan, NagaExchange dapat, atas kebijakannya sendiri, melakukan penangguhan administratif atau membekukan Akun NagaExchange Pelanggan. Pelanggan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memiliki kewajiban atau tanggung jawab atas ketidakmampuan permanen atau sementara untuk mengakses atau menggunakan Layanan apa pun yang disebabkan oleh tindakan tersebut. Bahwa dalam hal ini apabila dikemudian hari ternyata ditemukan bahwa segala bentuk Data / Dokumen / Informasi / Keterangan / Pernyataan pribadi yang diberikan oleh calon Pelanggan kepada NagaExchange ternyata tidak benar dan dilakukan secara melawan hukum dan/atau melanggar Peraturan Perundang - Undangan yang berlaku, dan NagaExchange mengetahui atau memperoleh informasi dari pihak manapun bahwa Data, Dokumen, Informasi, Keterangan, dan/atau Pernyataan, yang diberikan Calon Pelanggan ternyata tidak benar dan/atau tidak sepenuhnya benar/palsu (pemalsuan data diri). Maka dengan ini Calon Pelanggan menyatakan bersedia mempertanggungjawabkan perbuatan tersebut berdasarkan Peraturan Perundang - Undangan yang berlaku.
  7. Bahwa NagaExchange telah memberikan keterangan dan penjelasan yang cukup mengenai fasilitas NagaExchange yang akan dipergunakan Pelanggan sesuai dengan Ketentuan pada SKU dan Pelanggan telah mengerti dan memahami serta bersedia untuk bertanggungjawab dan bersedia menanggung segala bentuk konsekuensi / akibat yang mungkin timbul sehubungan dengan penggunaan layanan dan fasilitas NagaExchange termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada fasilitas dan layanan di NagaExchange.
  8. Bahwa Pelanggan dengan ini bertanggungjawab sepenuhnya dan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atas segala bentuk kerugian, klaim, dan/atau tuntutan yang timbul atau mungkin dialami oleh NagaExchange sebagai akibat dari kelalaian, atau kegagalan Pelanggan dalam menjalankan transaksi.
  9. Bahwa Pelanggan dengan ini memberikan jaminan kepada NagaExchange bahwa Pelanggan beserta dengan seluruh karyawannya dan atau pihak lain yang bekerjasama dengan Pelanggan tidak akan memperbanyak dan/atau membuat, memberikan, menyewakan, menjual, memindahkan mengalihkan, dan/atau mengalihfungsikan layanan NagaExchange baik sebagian atau seluruhnya kepada pihak lain dengan maksud, tujuan, dan alasan apapun, termasuk namun tidak terbatas untuk kejahatan/penipuan/kecurangan. Bahwa apabila Pelanggan melanggar ketentuan tersebut, maka Pelanggan dengan ini wajib bertanggungjawab atas segala kerugian, tuntutan, gugatan, yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut dan dengan ini Pelanggan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atau pihak manapun atas segala bentuk klaim, gugatan, dan/atau tuntutan yang timbul akibat pelanggaran tersebut.
  10. Bahwa dengan menyetujui persyaratan ini, pelanggan menyatakan bahwa pelanggan mengejar partisipasi dalam jaringan berbasis blockchain sebagai bagian dari aktivitas profesional pelanggan dan terbiasa dengan token digital atau token kriptografi dan memperdagangkannya serta risiko yang menyertainya dan perdagangannya.
5. Kewajiban dan Tanggungjawab
  1. Kewajiban dan Tanggungjawab Pelanggan NagaExchange dalam hal ini sebagai berikut:
    1. Pelanggan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan identitasnya;
    2. Pelanggan bertanggung jawab untuk memperlakukan secara rahasia Data-Data, Dokumen, Informasi, Keterangan dan/atau Pernyataan yang bersifat pribadi, diantaranya namun tidak terbatas pada: Nama Pengguna, One Time Password (OTP) / Kode Verifikasi, PIN (Personal Identification Number) dan lainnya;
    3. Setiap Pelanggan wajib menjaga keamanan password / PIN masing-masing dengan tidak memberikan kepada orang lain;
    4. Pelanggan setuju untuk memperbaharui Data / Dokumen / Informasi / Keterangan/ Pernyataan pribadinya jika informasi yang diberikan Pelanggan telah berubah;
    5. Pelanggan bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukkan nomor tujuan, kesalahan memasukkan nomor rekening, dan kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu pelanggan wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi dan kerugian/pengurangan saldo di akun pelanggan atas transaksi yang keliru merupakan beban Pelanggan;
    6. Pelanggan memberi kuasa kepada NagaExchange untuk memblokir baik sebagian atau seluruh saldo Pelanggan (Hold Amount) dan/atau mendebetnya serta melakukan pemberhentian akun, apabila adanya permintaan dari pihak perbankan dikarenakan adanya kesalahan pengiriman dana dan pihak perbankan tersebut meminta dilakukan pemblokiran dan menurut pendapat dan pertimbangan NagaExchange terdapat kesalahan penerimaan transaksi;
    7. Pelanggan memahami dan setuju bahwa pelanggan akan menggunakan akun dan fasilitas NagaExcahnge untuk transaksi yang tidak bertentangan dengan ketentuan Peraturan Perundang – Undangan dan/atau Kebijakan Internal NagaExcahnge yang berlaku dan/atau peraturan – peraturan lainnya yang berlaku secara nasional maupun internasional yang terkait dengan pelaksanaan transaksi tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung;
    8. Pelanggan diwajibkan untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan NagaExcahnge dan tidak diperbolehkan melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi NagaExchange dan/atau yang bertentangan dengan SKU dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku;
  2. Kewajiban Umum NagaExchange

    Kewajiban Umum NagaExchange dalam hal ini sebagai berikut:

    1. Bahwa NagaExchange akan menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu untuk itu guna menyediakan Layanan secara berkelanjutan, stabil, bagi Pelanggan sesuai syarat dan ketentuan serta Kebijakan Privasi yang telah ditetapkan oleh NagaExchange;
    2. Bahwa NagaExchange akan menggunakan upaya yang wajar dan dianggap perlu untuk itu secara komersial untuk menangani semua keluhan asli dari Pelanggan secara adil dan setara;
    3. Bahwa NagaExchange akan menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu untuk itu sehingga Pelanggan mendapatkan hak atas layanan transaksi secara professional, adil, dan setara;
    4. Bahwa NagaExchange harus menggunakan semua upaya yang wajar dan dianggap perlu untuk itu secara komersial untuk mengadopsi sistem keamanan yang sedemikian kuat yang dirancang untuk melindungi Data Pribadi Pelanggan (termasuk informasi keuangan dan transaksi yang dijalankan) untuk memastikan bahwa Pelanggan menggunakan Layanan dalam lingkungan yang aman dan terjamin;
  3. Kewenangan NagaExchange Terhadap Pelanggan
    1. NagaExchange berhak memverifikasi, menjaga kerahasiaan dan menggunakan semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran yaitu penyampaian Data / Dokumen / Informasi /Keterangan/ Pernyataan dari pelanggan untuk kepentingan NagaExchange sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa adanya kewajiban bagi NagaExchange untuk memberitahukan, meminta persetujuan, memberikan kompensasi dengan alasan apapun;
    2. NagaExchange memiliki kewenangan untuk memantau aktivitas akun dan transaksi pengguna terdaftar dan/atau terverifikasi sebagai tindakan pencegahan kejahatan keuangan. Pelanggan harus memberikan otorisasi kepada Pelanggan untuk mengajukan pertanyaan, baik secara langsung atau melalui pihak ketiga, yang dianggap NagaExchange perlu untuk memverifikasi identitas, transaksi, dan aktivitas Pelanggan untuk melindungi Pelanggan dan/atau NagaExchange dari penipuan atau bentuk kejahatan lainnya, dan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu;
    3. NagaExchange berhak untuk segera menangguhkan akun Pelanggan dan semua akun yang berpotensi terkait dengan aktivitas mencurigakan Pelanggan, aktivitas tidak wajar Pelanggan, menunda, menolak transaksi, dan membekukan Aset Kripto di semua akun tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut. Dalam kasus di mana NagaExchange dapat mengkonfirmasi pelanggaran tersebut, NagaExchange memiliki hak penuh untuk menghentikan akun pengguna;
    4. NagaExchange berhak untuk melakukan penyesuaian terhadap kesalahan data transaksi pada system trading apabila terdapat kesalahan data transaksi pada system trading;
    5. Apabila pelanggan melanggar salah satu atau beberapa ketentuan dalam ketentuan ini, maka pelanggan akan bertanggung jawab sepenuhnya dan dengan ini setuju bahwa atas pelanggaran tersebut, NagaExchange berhak untuk membatasi fitur penggunaan layanan NagaExchange dan pelanggan mengetahui dan setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada pelanggan atau pihak manapun atas segala resiko atau akibat yang timbul atas pembatasan penggunaan layanan tersebut;
6. Transaksi Mencurigakan

   Aktivitas mencurigakan diartikan sebagai aktivitas yang diyakini melanggar SKU NagaExchange atau Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi pasar dan harga, penipuan, pemalsuan, dan tindakan kriminal yang akan dan / atau telah dilakukan. NagaExchange sepenuhnya tunduk pada Peraturan Perundang-Undang yang berlaku tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Undang-Undang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme, Tindak Pidana Proliferasi Senjata Pemusnah Massal, dan/atau Peraturan Hukum lain yang berlaku. Oleh karena itu, NagaExchange harus memastikan penegakan hukum yang tepat untuk setiap aktivitas yang mencurigakan.

   NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada pelanggan atau pihak manapun atas segala klaim dan/atau tuntutan dan/atau kerugian yang timbul sehubungan dengan penggunaan fasilitas NagaExchange oleh Pelanggan untuk transaksi yang dikategorikan sebagai transaksi yang mencurigakan dan/atau transaksi yang dilarang oleh ketentuan Peraturan Perundang – Undangan dan/atau Kebijakan Internal NagaExchange yang berlaku dan/atau peraturan–peraturan lainnya yang berlaku baik secara nasional maupun secara internasional yang terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh pelanggan secara langsung maupun tidak langsung.

7. Perubahan Data Pendukung (Pengkinian Data)

   Pelanggan dapat mengetahui informasi akun NagaExchange miliknya melalui layanan yang disediakan dan ditetapkan oleh NagaExchange. Perubahan dan Pembaharuan Data Pendukung wajib dilakukan oleh Pelanggan terhadap data berupa Nomor Telepon, Alamat E-Mail dan Data Pendukung Lainnya sesuai dengan kondisi terkini. Hal ini sesuai dengan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (Know Your Customer Principles) yang diterapkan oleh PT Cipta Koin Digital. Perubahan dan Pembaharuan Data dilakukan dengan melakukan pengiriman E-Mail dengan subjek ‘Perubahan Data’ ke support@nagaexchange.co.id dengan menuliskan data apa yang ingin disesuaikan oleh pelanggan disertai alasan perubahan. Proses perubahan wajib disertai dengan pencantuman Softcopy Identitas Diri, Username, Nama Lengkap, Alamat, E-Mail, Data Lama yang ingin diubah dan data pembaharuan. Untuk selanjutnya, Tim verifikasi akan memberikan notifikasi dengan menghubungi nomor telepon utama atau nomor telepon alternatif yang telah terdaftar, demi menunjang segala proses tersebut terselesaikan secara tepat waktu maka diminta kesediaannya untuk memastikan nomor tersebut dalam kondisi aktif dan dapat dihubungi.

8. Perubahan Password

   Pelanggan dapat mengubah password akun NagaExchange miliknya. Untuk mengubah password, pelanggan memilih tab ‘Profile’ lalu masuk ke ‘pengaturan’ lalu klik ‘ubah kata sandi’ lalu kode konfirmasi dikirim ke email pelanggan. Kemudian pelanggan bisa melakukan perubahan password.

9. Tata Cara Transaksi (Trading Rules) NagaExchange

   Navigasi ke Trading di menu untuk mengakses antarmuka pertukaran Trading. Toolbar terletak di sebelah kiri halaman dan terdiri dari tool berikut:

  • Menu Navigasi. Klik untuk membuka daftar dan mengakses halaman lain dari pertukaran.
  • Workspace. Tool ini memungkinkan Anda membuat ruang kerja baru. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan beberapa tata letak widget yang berbeda dan beralih dengan mudah. Anda juga dapat menghapus workspace yang tidak diperlukan.
  • Widget. Tool ini digunakan untuk menambah widget di workspace saat ini. Klik ikon untuk membuka daftar widget, lalu klik widget untuk menambahkannya.
  • Pengumuman. klik untuk membuka daftar pesan yang diterima dari system
  • Pengaturan. Tool ini memberikan akses ke pengaturan umum, seperti pengalihan bahasa dan pemilihan tema terang / gelap.
  • Logout. Klik log out dari sistem dan navigasi ke Layar Login.
   Ketika menempatkan pesanan untuk beli atau jual aset, anda dapat memilih 1 (satu) dari 2 (dua) jenis berikut:
  1. Metode Limit
       Metode Limit order mengizinkan anda untuk menetapkan harga di mana Anda bersedia untuk membeli atau menjual aset, dan jika aset mencapai harga itu, pesanan akan dipenuhi. Terkadang pertukaran bahkan akan memenuhi pesanan Anda dengan harga yang lebih baik. Setelah ditempatkan, limit order akan muncul di buku pesanan dan akan tetap disana sampai pasar mencapai harga yang ditentukan untuk memenuhi pesanan. Berikut Langkah-langkah jual/beli Metode Limit:
       Limit order ditempatkan dengan menggunakan widget Limit. Widget dibagi menjadi bagian Jual dan Beli. Oleh karena itu, sesuai dengan operasi yang ingin Anda lakukan, bidang bagian yang sesuai dari widget harus diisi. Berikut penjelasan prosedur penempatan pesanan untuk mengkonversi IDR ke BTC.
    1. Klik bidang pasar, lalu pilih pasar dari daftar dropdown (BTC/IDR).
    2. Tentukan nilai bidang Harga.
    3. Tentukan Jumlah (jumlah BTC yang ingin Anda beli), atau nilai bidang Total (jumlah USD yang ingin Anda jual).
      • Anda dapat menggunakan tombol jumlah yang telah ditentukan sebelumnya (25%, 50%, 75% dan 100%) untuk menentukan Total
      • Periksa nilai Total (jumlah aktual IDR, yang akan dikonversi ke BTC) dan Fee (total biaya yang harus dibayar) di bagian bawah jendela
    4. Klik Beli BTC.
         Jika penempatan order berhasil, maka akan muncul di widget Order Book dan Open Orders. Dalam kasus eksekusi order, hal itu akan ditransfer dari Open Orders ke widget Filled Orders.
  2. Metode Instant/Market
       Metode Instant / Market adalah perintah untuk membeli atau menjual aset pada harga pasar terbaik saat ini. Jika anda membeli aset, market order akan menindaklanjuti pada harga berapapun yang diminta penjual. Jika Anda menjual, market order akan menindaklanjuti pada apapun yang ditawar pembeli. Market order akan menindaklanjuti segera dengan mengisi harga terbaik order dari pesanan harga terbaik dari buku order.

    Berikut Langkah-langkah jual/beli Metode Market/Instant:
       Market Order ditempatkan dengan menggunakan widget Market. Widget dibagi menjadi bagian Beli dan Jual. Oleh karena itu, sesuai dengan operasi yang ingin Anda lakukan, bidang bagian yang sesuai dari widget harus diisi
    1. Klik di bagian Market, kemudian pilih market dari daftar dropdown (BTC/IDR).
    2. Tentukan nilai bidang Jumlah.
      • Jumlah nilai IDR akan otomatis dikalkulasi;
      • Anda dapat menggunakan tombol jumlah yang telah ditentukan sebelumnya (25%, 50%, 75%, dan bagi100%) untuk menentukan Jumlah; dan
      • Periksa Jumlah (berapa yang akan anda terima) dan nilai Fee (total fee yang harus dibayarkan) di bagian bawah jendela.
    3. Klik Jual BTC.
      Jika tindak lanjut order berhasil, maka akan muncul di widget Filled Orders.

10. Mekanisme Deposit di NagaExchange

  1. Berikut ini adalah mekanisme atau langkah-langkah deposit di NagaExchange melalui Transfer Bank:
    1. Silahkan login ke website atau aplikasi NagaExchange Klik Dashboard;
    2. Pilih menu ‘Setoran/Deposit’;
    3. Lalu pilih ‘IDR’;
    4. Kemudian pilih menu Deposit melalui Transfer Bank BCA;
    5. Lalu muncul tampilan Nomor rekening atas nama PT Cipta Koin Digital;
    6. Masukkan jumlah ‘nominal’ dalam rupiah yang ingin anda deposit;
    7. Silahkan mengungah (upload) bukti transfer; dan
    8. Lanjutkan dengan klik ‘proses’;
    PENTING
       Pelanggan wajib melakukan transfer dari rekening bank yang namanya sesuai atau sama dengan nama pelanggan sebagai pemilik akun di NagaExchange; Apabila pelanggan melakukan transfer dari rekening bank yang namanya tidak sesuai atau tidak sama dengan nama pelanggan sebagai pemilik akun di NagaExchange. Maka NagaExchange akan mengembalikan dana tersebut ke rekening pengirim dana tersebut sesuai dengan jumlah yang ditransfer dikurangi dengan biaya transfer pengembalian dana tersebut;
       Tim keuangan NagaExchange akan melakukan proses validasi deposit dan apabila tidak terdapat permasalahan maka saldo akan masuk dalam jangka waktu 1 x 24 jam pada jam kerja.
  2. Berikut ini adalah mekanisme deposit di NagaExchange melalui Bank Virtual Account:
    1. Silahkan login akun Website atau aplikasi NagaExchange Klik Dashboard;
    2. Pilih menu ‘Setoran / Deposit’;
    3. Lalu pilih ‘IDR’
    4. Kemudian pilih menu Deposit melalui Bank Virtual Account
    5. Masukkan jumlah ‘nominal’ dalam rupiah yang ingin anda deposit;
    6. Pilih ‘Bank Virtual Account’
    7. Kemudian muncul tampilan detil pembayaran
    8. Masukkan Merchant ID, Order ID, Jumlah dana dan Virtual Account Number Dengan sesuai; dan
    9. Cek balance IDR anda.
    PENTING
       Order ID dan Virtual Account Number akan selalu berubah, pastikan pelanggan selalu teliti dalam melihat Order ID dan Virtual Account Number agar tidak salah input. NagaExchange tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya dana karena permasalahan ini.
  3. Berikut ini adalah mekanisme deposit di Naga Exchange melalui Payment Gateway:
    1. Silahkan login akun Website dan Aplikasi NagaExchange Klik Dashboard;
    2. Pilih menu ‘Setoran / Deposit’;
    3. Lalu pilih ‘IDR’
    4. Kemudian pilih menu Deposit lalu pilih melalui Paymeny Gateway yang anda punya
    5. Masukkan jumlah ‘nominal’ dalam rupiah yang ingin anda deposit;
    6. Pilih QR Code bagian ‘type’;
    7. Klik ‘Proses’;
    8. Maka akan muncul ‘QR Code’ yang digunakan untuk dipindai (scan) pada gadget anda; dan
    9. Cek balance IDR anda.

11. Mekanisme Tarik Dana atau Withdrawal dan Memindahkan Saldo Aset Digital

Berikut ini adalah mekanisme atau langkah-langkah untuk melakukan Tarik Dana atau Withdrawal Saldo Rupiah:

  1. Silahkan Login ke halaman pengguna di Website atau Aplikasi NagaExchange Klik Dashboard;
  2. Pilih menu ‘withdrawal atau penarikan’
  3. Lalu pilih ‘IDR’;
  4. Masukkan detil data yang berupa nama yang sesuai dengan nama yang terdaftar di akun NagaExchange;
  5. Masukkan nama Bank, nomor rekening pelanggan serta alamat Bank Kantor Cabang milik pelanggan yang terdaftar di NagaExchange. Jika data bank pelanggan tersedia maka silahkan pilih Rekening Bank yang ingin pelanggan gunakan;
  6. Selanjutnya lihat data bank pelanggan apakah sudah sesuai dan silahkan memasukkan nominal saldo rupiah yang ingin pelanggan withdraw. Kemudian ajukan penarikan dengan klik proses;
  7. Tunggu tim keuangan kami untuk memvalidasi penarikan pelanggan. Proses penarikan dapat memakan waktu hingga 3-5 hari kerja bank karena melewati system LLG/Kliring;dan
  8. NagaExchange mengenakan biaya untuk penarikan Saldo Rupiah dengan biaya Withdrawal sebesar Rp10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Sebagai catatan, Kebijakan NagaExchange menetapkan saldo minimun Withdrawal sebesar Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah).

12. Penarikan (Withdrawal)

   Ketika pelanggan telah menambahkan detail rekening bank pelanggan ke Akun NagaExchange, pelanggan dapat menarik dana dari Dompet NagaExchange pelanggan ke rekening bank pelanggan ("Penarikan"). NagaExchange akan memproses penarikan sesuai dengan instruksi pelanggan. pelanggan sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap instruksi Penarikan yang diberikan kepada NagaExchange, termasuk nomor rekening bank yang relevan, itu lengkap dan benar dan pelanggan menerima dan setuju bahwa NagaExchange tidak bertanggung jawab dalam keadaan apa pun untuk membalikkan atau mengubah Penarikan apa pun. NagaExchange akan mengusahakan semua cara yang masuk akal untuk memproses Penarikan setiap hari kerja, sesuai dengan Jadwal Setoran dan Penarikan yang ada di situs NagaExchange, tetapi pelanggan menerima dan setuju bahwa NagaExchange tidak memberikan jaminan apa pun mengenai periode penarikan. Penarikan ke rekening bank dari pihak ketiga mana pun sangat dilarang. Pelanggan setuju untuk tidak melakukan, atau mencoba, menarik dana apa pun dari Dompet NagaExchange pelanggan ke rekening bank dari pihak ketiga dan menerima bahwa Penarikan tersebut dapat ditolak dan / atau mengakibatkan pembatasan, penangguhan, atau penghapusan akun NagaExchange pelanggan.

13. Biaya Transaksi, Batas Minimum dan Maksimum untuk Deposit/Withdrawal Rupiah dan Aset Kripto
  1. Biaya Transaksi
    1. Metode Limit dikenakan fee jual/beli sebesar 0.21% dari Nilai Transaksi;
    2. Metode Instant/Maker dikenakan fee jual/beli sebesar 0.21% dari Nilai Transaksi;
    3. Untuk Biaya deposit Tidak dikenakan Biaya (Free); dan
    4. Untuk Biaya Withdrawal atau Penarikan dikenakan Biaya sebesar Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).
  2. Batas Minimum untuk Deposit / Withdrawal
    1. BTC
      - Minimum Kirim: 0.001 BTC
      - Maksimum Kirim: 1 BTC
      - Minimum Deposit: 0.0001 BTC
      - Biaya Kirim: 0.0005 BTC
14. Batas Penarikan

   Pelanggan dengan ini menyatakan setuju untuk mematuhi batas penarikan baik terhadap Aset Digital maupun uang yang berlaku terhadap akun Pelanggan dan NagaExchange yang dalam hal ini menerapkan prinsip Anti Money Laundering (AML) sesuai dengan regulasi Pemerintah Republik Indonesia diberi kuasa serta hak untuk tidak melakukan proses terhadap transaksi yang telah melebihi batas penarikan harian yaitu sebesar:

  1. Batas penarikan maksimal Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)/per hari atau ekuivalennya dalam Aset Digital.
  2. Batas penarikan direset ulang atau kembali pada angka 0 (nol) setiap pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

15. Pernyataan Pengungkapan Risiko

   Investasi dan perdagangan aset digital (seperti Bitcoin & aset digital alternatif lainnya) memiliki risiko tingkat tinggi dan mungkin tidak cocok untuk semua investor atau pelanggan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi atau memperdagangkan aset digital ini, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat tujuan, situasi keuangan, kebutuhan, dan pengalaman investasi Anda. Nilai dari aset digital ini dapat naik atau turun dengan volatilitas besar, dan akan dipengaruhi oleh hal-hal di luar kendali Perusahaan. Dengan memperdagangkan atau menginvestasikan aset digital ini, Anda dapat mengalami kerugian dari semua dana yang diinvestasikan. Pelanggan bisa mencari nasihat profesional independen jika Pelanggan tidak sepenuhnya memahami risiko menggunakan Layanan kami. Pelanggan mengakui dan setuju bahwa Pelanggan akan mengakses dan menggunakan Layanan dengan risiko Pelanggan sendiri. Nagaexchange tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi dalam berinvestasi atau memperdagangkan aset digital ini.

16. Pajak

   Seiringan dengan pemerintah menerbitkan aturan baru pajak atas transaksi aset kripto dan diberlakukan mulai 1 Mei 2022 yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022. Dalam peraturan ini objek yang akan dikenakan pajak adalah Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Bahwa transaksi aset kripto penduduk Indonesia akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan. Adapun besaran persentase pajak yang pemerintah telah tetapkan adalah:

  • 0.11% Pajak Pertambahan Nilai untuk transaksi beli aset kripto
  • 0.1% Pajak Penghasilan untuk transaksi jual aset kripto
Untuk membantu Anda mentaati peraturan pajak ini, pemotongan pajak atas transaksi aset kripto Anda akan kami bebankan di dalam biaya transaksi (taker/maker) sebesar 0,21%. Besaran biaya tersebut sudah mencakup potongan pajak yang harus Anda bayarkan (berlaku untuk transaksi jual dan beli) serta biaya admin fitur Dompet di aplikasi NagaExchange. Misalnya Anda ingin membeli DOGE coin senilai Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) menggunakan saldo di rupiah di Website dan aplikasi NagaExchange Anda. Biaya transaksi sebesar Rp2.100 (Rp1.000.000,- x 0,21%) akan dipotong dari saldo rupiah Anda di mana biaya ini mencakup biaya transaksi di NagaExchange dan pajak yang dikenakan atas transaksi beli DOGE coin Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki saldo rupiah di Dompet NagaExchange Anda sekurang-kurangnya Rp1.002.100,- (Satu Juta Dua Ribu Seratus Rupiah)
   Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut contoh berapa jumlah pajak yang harus Anda bayar apabila Anda membeli atau menjual aset kripto:

Membeli aset kripto menggunakan rupiah
   Anda bermaksud untuk membeli DOGE coin dengan uang Rp1.000.000. Maka Anda akan dikenai Pajak Pertambahan Nilai sebesar 0.11% dari total transaksi tersebut. Perhitungannya adalah sebagai berikut; • PPN = 0.11% x Rp1.000.000 = Rp1.100 Jenis pajak tersebut (PPN) dikenakan atas transaksi beli Anda karena saat Anda membeli aset kripto maka aset atau nilai yang Anda miliki bertambah, dalam hal ini berupa aset kripto.

Menjual aset kripto ke rupiah
   Anda bermaksud untuk menjual DOGE coin senilai Rp1.000.000. Maka Anda akan dikenai Pajak Penghasilan dengan potongan pajak sebesar 0.1% dari total transaksi tersebut. • PPh = 0.1% x Rp1.000.000 = Rp1.000 Jenis pajak tersebut (PPh) dikenakan atas transaksi jual Anda karena saat Anda menjuali aset kripto, Anda mandapat sejumlah uang dari hasil transaksi jual Anda. Di samping itu, biaya kirim aset kripto antar dompet atau exchange (on-chain) hanya dikenakan PPN sebesar 0.11%. Namun, transaksi antarsesama pelanggan Koinku (off-chain) tidak dikenakan biaya transaksi.

17. Keamanan

   NagaExchange telah menerapkan jaringan dan tindakan keamanan sebagai jaringan pengaman informasi terhadap akses yang tidak sah dalam penggunaan, perubahan dan/atau pengungkapan akun, dengan stmemberr keamanan yang telah sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Masuknya pihak bertanggung jawab terhadap akses dalam penggunaan, perubahan dan/atau pengungkapan akun dari pihak ketiga akibat kelalaian dan/atau kesalahan member berakibat ditanggungnya resiko oleh member, maka Koinku tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada member atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggungjawab dan tuntutan apapun yangmungkin timbul sehubungan dengan adanya kelalaian/kesengajaan/kesalahan member dalam memberikan informasi.

18. Perlindungan Konsumen

   Beberapa dari metode paling umum untuk masuk dan melakukan transaksi yang tidak diizinkan di akun Anda dapat ditemukan di bawah seperti:
Pengambilalihan akun: NagaExchange mengandalkan email dan nomor ponsel anda untuk berkomunikasi dengan anda. Jika sesorang berhasil mengambil kendali keduanya, mereka berpotensi mendapatkan akses ke akun Koinku anda. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki sistem keamanan yang kuat di email dan akun NagaExchange anda.

Web phishing: Situs web ini dibuat agar terlihat seperti situs web NagaExchange, tetapi semua yang dimasukkan di dalamnya (seperti nama pengguna dan kata sandi Anda) direkam agar penipu dapat mengakses akun NagaExchange Anda yang sebenarnya. Dalam beberapa kasus, situs web ini dipromosikan dengan menjalankan iklan yang sepertinya membawa Anda ke situs web NagaExchange yang asli.
Malware: Malware adalah metode canggih tempat para scammer mendapatkan akses ke perangkat Anda melalui program software canggih yang memungkinkan mereka untuk mengendalikan komputer Anda, mencuri kata sandi Anda atau informasi sensitif lainnya.
Pencurian identitas: Hal ini terjadi ketika seseorang memperoleh akses ke informasi pribadi Anda dan berpura-pura menjadi Anda untuk, misalnya, membuka akun dengan nama Anda dan / atau bertransaksi di akun Anda. Pencurian identitas dapat terjadi ketika dokumen identitas Anda, paspor atau informasi lainnya dicuri (baik secara fisik, melalui phishing atau dengan bentuk rekayasa sosial lainnya). Risiko pencurian identitas juga bisa terjadi jika perangkat Anda dicuri.
   Jika Anda yakin akun Anda telah diretas, mohon hubungi tim support melalui email sesegera mungkin atau mengisi form pengaduan melalui helpdesk pada website dan aplikasi. NagaExchange tidak dapat bertanggung jawab atas kehilangan dana jika Anda menjadi korban penipuan-penipuan berikut, seperti yang kami paparkan dalam Syarat dan Ketentuan Umum kami, namun kami akan mengupayakan yang terbaik untuk membantu Anda.

19. Force Majeure

   Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang terjadi di luar kemampuan dan kekuasaan NagaExchange sehingga mempengaruhi pelaksanaan transaksi antara lain namun tidak terbatas pada:

  1. Gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus dan bencana alam lainnya;
  2. Perang, demonstrasi, huru-hara, terorisme, sabotase, embargo, dan pemogokan massal;
  3. Kebijakan ekonomi dari Pemerintah yang mempengaruhi secara langsung; dan
  4. Adanya suatu wabah penyakit / pandemi yang mengancam kesehatan secara global. Sepanjang Koinku telah melaksanakan segala kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan terjadinya Force Majeure tersebut, maka Koinku tidak akan memberikan ganti rugi dan/atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada member atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggungjawab dan tuntutan apapun yang mungkin timbul sehubungan dengan keterlambatan maupun tidak dapat dilaksanakannya kewajiban akibat Force Majeure.

20. Pemberitahuan

   Pelanggan menyatakan setuju untuk berkomunikasi dengan NagaExchange dalam format elektronik dan menyetujui bahwa semua syarat, kondisi, perjanjian, pemberitahuan, pengungkapan atau segala bentuk komunikasi lainnya yang disediakan oleh NagaExchange kepada pelanggan secara elektronik dianggap sebagai tertulis. Pelanggan menyatakan setuju untuk menerima email dari NagaExchange. Email yang dikirim dapat berisi informasi seputar akun, transaksi, sistem, promosi dan lain sebagainya.

21. Penyelesaian Perselisihan

   Setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat (selanjutnya disebut sebagai “Perselisihan”) yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kerjasama akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

  1. Bahwa setiap Perselisihan, sepanjang memungkinkan akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  2. Apabila mekanisme penyelesaian perselisihan secara musyawarah tidak mencapai kata sepakat, maka dengan ini akan dilakukan upaya penyelesaian sengketa melalui prosedur hukum yang berlaku dan berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, dengan memilih kedudukan hukum / domisili hukum di wilayah Pengadilan Negeri Sleman.
  3. Pengabaian gugatan kelompok atau perwakilan. Dalam jangkauan sejauh yang diizinkan oleh hukum, NagaExchange dan pelanggan masing-masing setuju bahwa masing-masing akan membawa Perselisihan terhadap satu sama lain hanya di dalam kapasitas Pelanggan atau individu dan NagaExchange dan pelanggan mengabaikan segala hak untuk memulai atau berpartisipasi dalam segala gugatan kelompok atau gugatan perwakilan atau melanjutkan melawan satu sama lain.

22. Bahasa

   Syarat ketentuan ini dan perjanjian atau komunikasi lain yang diberitahukan melalui Layanan telah disusun dalam Bahasa Indonesia. Meskipun terjemahan dalam bahasa lain dari salah satu dokumen di atas mungkin tersedia, terjemahan tersebut mungkin tidak mutakhir atau lengkap. Oleh karena itu, pelanggan setuju bahwa jika terjadi pertentangan antara versi Bahasa dari dokumen-dokumen di atas dan terjemahan lainnya, versi Bahasa dari dokumen-dokumen tersebut yang akan berlaku.

23. Layanan Pengaduan Pelanggan

   Pengaduan Pelanggan ini dibuat dan disediakan dengan tujuan agar terdapat tempat terkait dengan penanganan dan penyelesaian pengaduan Pelanggan atas penggunaan layanan di NagaExchange. Proses penanganan dan penyelesaian ini menjadi bentuk dan tanggungjawab dan perlindungan NagaExchange terhadap Pelanggan. Layanan pengaduan Pelanggan merupakan salah satu hak fasilitas yang dimilik oleh semua Pelanggan NagaExchange tanpa melihat adanya kepemilikan atau perbedaan status keanggotaan NagaExchange. Pelanggan dapat mengadukan setiap komplain atau keluhan agar permasalahan yang dialami oleh Pelanggan dapat diproses oleh NagaExchange. NagaExchange selaku penyedia layanan exchanger cryptocurrency atau sebuah market digital (online) untuk jual/beli Aset Kripto akan memberikan kesetaraan pelayanan pengaduan terhadap setiap aduan yang diajukan oleh Pelanggan. Pengaduan Pelanggan disini terkait dengan pelanggaran ketentuan, pemberitahuan data, kerugian konsumen dan/atau apabila terjadi permasalahan berkenaan dengan kepemilikan Aset Kripto yang dimiliki oleh Pelanggan berkaitan dengan penggunaan layanan NagaExchange yang secara rinci dimaksud:

  1. Berkenaan dengan pengaduan Pelanggan, Pelanggan memiliki hak untuk melakukan pengaduan kepada NagaExchange dengan kondisi sebagai berikut:
    1. Apabila Pelanggan menerima spam, segala bentuk iklan liar dan/atau surat elektronik yang mengatasnamakan nama selain Koinku yang meminta data pribadi dan/atau mengganggu kenyamanan Pelanggan;
    2. Apabila terdapat praktik tindak kejahatan pencurian dan penipuan Aset Kripto yang mengakibatkan hilangnya Aset Kripto di Akun Pelanggan;
    3. Apabila terdapat dugaan aktivitas pelanggaran data Pelanggan oleh pihak lain yang bukan dijelaskan pada poin (a) dan (b) tersebut diatas.
  2. Berkenaan dengan praktek penyalahgunaan data Pelanggan oleh pihak lain yang mengakibatkan adanya spam atau praktek skimming; dan
  3. Berkenaan dengan hilangnya Aset Kripto di Akun Pelanggan sebagai akibat adanya praktik tindak pidana kejahatan elektronik oleh pihak lain
Mekanisme Pengaduan:

   Adapun klasifikasi pengaduan Pelanggan menggunakan mekanisme Helpdesk. Pilih Helpdesk / Layanan Bantuan dengan mengisi Subyek yang berisi masalah atau pernyataan Pelanggan NagaExchange. Pelanggan bisa juga melampirkan file pendukung yang berguna untuk membantu menyelesaikan permasalahan pelanggan.
   Petugas Layanan Pengaduan NagaExchange akan ditugaskan untuk membantu permasalahan Anda dan akan menerima penerimaan permasalahan anda dalam 3 Hari Kerja, melalui email ke alamat email yang ada di dalam database NagaExchange. Jika Petugas Layanan Keluhan dapat menyelesaikan keluhan Anda secara langsung, anda akan menerima Pemberitahuan Resolusi dengan informasi sesuai dengan pemberitahuan penerimaan.
   Jika pengaduan bersifat lebih kompleks dan tidak dapat segera diselesaikan, Petugas Layanan Keluhan akan menyelidiki masalah ini lebih lanjut. Sebagai bagian dari penyelidikan, Petugas Layanan Keluhan berhak meminta informasi lebih lanjut dari Anda atau meminta Anda membuat pernyataan tertulis. Petugas Layanan Keluhan akan melakukan upaya terbaik untuk menyelesaikan keluhan dan memberi Anda Pemberitahuan Resolusi dalam waktu 15 Hari Kerja. Jika keluhan melibatkan beberapa masalah dan secara wajar tidak dapat diselesaikan dalam waktu 15 Hari Kerja, kami akan menyelesaikannya sesegera mungkin dan akan memberi pemberitahuan kepada Anda secara berkala.

24. Lain-Lain
  1. Bahwa Syarat dan Ketentuan Umum ini tunduk dan diberlakukan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, dan Peraturan Kepala PPATK PER-09/1.02.2/PPATK/09/12, Peraturan Kepala PPATK No. PER-12/1.02/PPATK/06/13, Peraturan Kepala PPATK No. PER-12/1.02.1/PPATK/09/11 ;Peraturan Kepala PPATK No. PER02/1.02/PPATK/02/2014 serta terbaru Peraturan Kepala PPATK Nomor 1 tahun 2021. Bahwa oleh sebab itu terkait dalam hal segala kegiatan transaksi keuangan tunai dalam jumlah paling sedikit Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) atau dengan mata uang asing yang nilainya setara, yang dilakukan baik dalam satu kali transaksi maupun beberapa kali transaksi dalam 1 (satu) hari kerja, diwajibkan adanya pelaporan transaksi tersebut kepada pihak PPATK.
  2. Bahwa untuk hal-hal yang belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan Umum, maka akan berlaku seluruh ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata serta ketentuan-ketentuan Peraturan Perundang-Undangan, Hukum Positif lainnya yang terkait, peraturan – peraturan lainnya yang berlaku secara nasional maupun internasional yang terkait dengan pelaksanaan transaksi tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Bahwa apabila dalam hal ini NagaExchange akan melakukan perubahan terhadap isi Syarat dan Ketentuan Umum ini maka NagaExchange akan memberitahukan perubahannya kepada para pelanggan sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku melalui media pemberitahuan yang dianggap baik dan perlu oleh NagaExchange. Dan selanjutnya Pelanggan akan tunduk dan Patuh pada perubahan Syarat dan Ketentuan Umum tersebut dan atas Syarat dan Ketentuan Umum yang telah dilakukan perubahan tersebut akan mengikat secara penuh kepada tiap pelanggan. Perubahan yang ada dalam setiap lampiran dari Syarat dan Ketentuan Umum akan disepakati dan untuk selanjutnya merupakan satu kesatuan dengan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Umum ini.
  4. Bahwa apabila Pelanggan melakukan tindakan-tindakan lain di luar ketentuan yang telah diuraikan dan dinyatakan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka Pelanggan dalam hal ini akan bertanggung jawab sepenuhnya dan dengan ini setuju bahwa NagaExchange tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada Pelanggan atau pihak manapun atas segala tuntutan hukum dan atau gugatan dan atau klaim yang diajukan pihak lain sehubungan dengan adanya tindakan-tindakan yang dilakukan Pelanggan.
  5. Bahwa Pelanggan wajib mematuhi seluruh Syarat dan Ketentuan Umum yang dicantumkan dan ditetapkan di dalam Syarat dan Ketentuan Umum. Bahwa apabila ada kelalaian Pelanggan didalam mentaati atau melaksanakan isi dari Syarat dan Ketentuan Umum pada satu atau beberapa kali kejadian, tidak akan menghilangkan kewajiban Pelanggan untuk tetap memenuhi segala persyaratan yang terdapat di dalam Syarat dan Ketentuan Umum.
  6. Dalam situasi dimana NagaExchange diakuisisi oleh atau bergabung dengan pihak ketiga, kami memiliki hak untuk memindahkan atau mengalihkan informasi yang kami kumpulkan dari Pelanggan sebagai bagian dari merger, akuisisi, penjualan atau perubahan kendali lainnya.
  7. Seluruh ketetapan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini yang secara alami menjangkau melebihi masa kedaluwarsa atau penghapusan Ketentuan ini, termasuk tetapi tidak terbatas pada, bagian-bagian yang berhubungan dengan penangguhan atau penghapusan Akun NagaExchange Pelanggan, penggunaan Situs NagaExchange, perselisihan dengan NagaExchange dan ketentuan umum, akan tetap bertahan walaupun Syarat dan Ketentuan Umum ini diakhiri.
  8. Ada ketentuan hukum penting yang disediakan dalam Ketentuan Penggunaan yang lengkap, termasuk batasan tanggung jawab kami, penolakan garansi dan persetujuan member untuk menengahi perselisihan. Harap luangkan waktu untuk membaca Syarat dan Ketentuan Umum ini dengan cermat. Pelanggan selalu dapat menghubungi kami melalui Pusat Bantuan (helpdesk) NagaExchange jika pelanggan memiliki pertanyaan.