Hong Kong Siap Memperdagangkan ETF Bitcoin Spot
BERITA
1w ago
Admin

Pada tanggal 30 April 2024, Hong Kong akan memperkenalkan ETF Bitcoin dan Ethereum.

Menjelang peluncuran ini, penerbit ETF terkait telah mulai mengungkapkan bagaimana mekanisme perdagangan produk investasi ini akan berlangsung.

Salah satu penerbit ETF Bitcoin di Hong Kong, ChinaAMC, mengumumkan bahwa ETF Bitcoin-nya akan mengikuti performa indeks kripto dari Chicago Mercantile Exchange.

Transaksi akan tersedia dalam bentuk uang fiat dan cryptocurrency.

ETF kripto dari ChinaAMC akan tersedia dalam tiga mata uang: dolar AS, dolar Hong Kong, dan yuan China.

Perusahaan pengelola aset investasi BOCI-Prudential dan bursa kripto OSL akan bertindak sebagai penjaga ETF.

Kedua perusahaan tersebut juga akan menyimpan aset Bitcoin dan Ethereum ETF untuk penerbit Harvest Global.

Di samping itu, HashKey Capital yang berbasis di Hong Kong akan bersama-sama meluncurkan ETF Bitcoin dan Ethereum spot dengan Bosera Asset Management.

Ketiga penerbit ETF ini akan membuat dan menebus saham ETF di bursa kripto yang diatur di Hong Kong, OSL, dan HashKey.

Terkait biaya, ChinaAMC telah menetapkan biaya sebesar 0,99%, sementara Harvest memilih pendekatan yang berbeda dengan biaya pengelolaan awal sebesar 0%, tetapi akan dikenakan biaya 0,3% setelah enam bulan pertama.

Sementara Bosera menetapkan biaya manajemen sebesar 0,60%, menurut data dari Bloomberg Intelligence.

Setiap hari, investor memiliki jendela waktu hingga pukul 11:00 waktu setempat untuk menukarkan saham mereka dengan uang tunai atau hingga pukul 16:00 untuk menarik cryptocurrency.

BOCI Prudential akan bertindak sebagai penjaga untuk semua penerbit, sementara pembuat pasar termasuk Vivienne Court, Virtu Financial, dan lainnya.

Perdagangan ETF kripto di Hong Kong ini akan menjadi yang pertama di Asia dan menunjukkan keseriusan negara tersebut dalam meningkatkan ekosistem kripto.

Sebastien Cabral selaku Analis Bloomberg Intelligence, menyatakan dalam sebuah webinar pada hari Rabu bahwa mereka memperkirakan produk kripto baru di Hong Kong akan menghasilkan aliran masuk bersih sekitar US$1 miliar dalam satu atau dua tahun pertama.

Perkiraan total aliran dana ini mencakup sekitar 2% dari ukuran pasar ETF Hong Kong senilai US$50 miliar, yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan aset ETF AS yang berjumlah sekitar US$8,5 triliun.

Selain aliran dana, rekan penelitian ekuitas Bloomberg, Sebastien Cabral, menyebut persetujuan ini sebagai "signifikan" karena berpotensi mendorong regulator Asia lainnya untuk mengikuti langkah serupa.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*