“Uptober” Datang, Harga Bitcoin dan Altcoin Melonjak Tinggi!
BERITA
6mos ago
Admin

Pada awal bulan Oktober, pasar kripto dikejutkan dengan kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum yang drastis. Dalam sekejap, lebih dari $70 juta posisi jual tiba-tiba dilikuidasi.

Pada tanggal 1 Oktober 2023, Bitcoin mengalami peningkatan harga sekitar 3% dalam waktu 15 menit, dari $27.100 menjadi $28.053.

Sementara itu, Ethereum juga mengalami kenaikan harga sebesar 4,7%, mencapai $1.755 sebelum akhirnya menetap di angka $1.727.

Kenaikan harga ini mengakibatkan likuidasi tiba-tiba pada posisi jual. Data menunjukkan bahwa hampir $36 juta posisi jual Bitcoin dan $23 juta posisi jual Ethereum dilikuidasi dalam waktu singkat.

Banyak pengamat menyambut kenaikan ini sebagai awal "Uptober", sebuah istilah dalam komunitas kripto yang menggambarkan Oktober sebagai bulan optimis bagi Bitcoin dan kripto lainnya.

Catatan historis menunjukkan bahwa Oktober cenderung menghasilkan kinerja positif bagi pasar kripto.

Data dari CoinGlass menunjukkan bahwa sejak 2013, Oktober hanya mencatat return bulanan negatif dua kali.

Salah satu peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh komunitas kripto adalah kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin oleh U.S. Securities and Exchange Commission (SEC).

Meskipun banyak analis memperkirakan pengumuman ini akan datang pada Januari 2024.

Dengan keputusan SEC mengenai ETF Bitcoin yang semakin mendekat, sentimen pasar meningkat secara signifikan. Ini dapat memicu kenaikan harga Bitcoin dalam beberapa minggu mendatang.

Dengan tingginya sentimen pasar dan momentum yang terus menguat di bulan Oktober, diperkirakan harga Bitcoin berpotensi mencapai angka $30.000 atau sekitar Rp466 juta (menggunakan kurs $1 = Rp15.400).

Jika SEC menyetujui ETF Bitcoin, harga dapat melonjak hingga mencapai $35.000 atau sekitar Rp543 juta (kurs $1 = Rp15.400).

Namun, menurut laporan dari Cointelegraph, di sisi lain, jika terjadi pembalikan arah, harga Bitcoin dapat turun ke $26.274, dan dalam skenario terburuk bahkan mencapai $25.600 atau bahkan $24.900.

Mengingat potensi dan risiko ini, investor harus tetap waspada dan memantau pergerakan pasar dengan cermat.

‘Uptober’ telah dimulai dengan pergerakan yang signifikan di pasar kripto. Kita hanya bisa menunggu dan melihat apakah bulan ini akan menjadi salah satu bulan terbaik bagi Bitcoin dan Ethereum atau hanya merupakan lonjakan sementara.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*