Kenaikan Bitcoin Hingga $30.000 Untuk Pertama Kalinya!
BERITA
8mos ago
Admin

Bitcoin mengalami kenaikan hingga $30.000 untuk pertama kalinya sejak bulan April yang didukung oleh inisiatif kripto yang melibatkan pemain utama dari sektor keuangan tradisional.

Aset digital terbesar meningkat sebesar 6.5% dan diperdagangkan pada $29.927 pukul 12:12 malam di New York pada hari Rabu, yang melambungkan token pada tahun ini hingga 80%.

Koin yang lebih kecil seperti Ether, Cardano dan Solana juga mengalami kenaikan.

Investor Kripto telah menarik bantuan dari awal pertukaran aset digital, EDX Markets, didukung oleh perusahaan termasuk Citadel Securities, Fidelity Digital Assets dan Charles Schwab Corp.

Secara terpisah, BlackRock Inc. dan WisdomTree Inc, telah mengajukan permohonan secara berurutan untuk meluncurkan dana spot US Bitcoin yang diperdagangkan di bursa.

Bitcoin “telah menjadi yang paling unggul dalam langkah ini dan mengikutsertakan seluruh kompleks crypto bersamanya,” kata Spencer Hallarn selaku pedagang derivatif di perusahaan investasi crypto GSR.

Langkah tersebut menghilangkan beberapa kemurungan yang telah disebabkan oleh US Sekuritas dan Penindakan keras Exchange Commission crypto yang mencakup tuntutan hukum terhadap operator pertukaran Binance Holdings Ltd. dan Coinbase Global Inc.

Dalam prosesnya, Agensi menetapkan rakit token digital sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.

“Reli ini didukung oleh permintaan institusional,” kata Hayden Hughes selaku salah satu pendiri platform social-trading Alpha Impact.

“Pengumuman BlackRock tentang Bitcoin ETF, ditambah EDX Markets, memberi Bitcoin dorongan dengan harapan bahwa institusi tradisional akan menambah kedalaman pasar crypto.”

WisdomTree mencoba lagi untuk mendapatkan izin untuk memulai tempat ETF Bitcoin AS setelah ditolak di masa lalu.

BlackRock membuat pengajuannya pada 15 Juni. SEC telah menolak izin dana spot semacam itu tetapi BlackRock berupaya untuk membawa bobot manajer aset terbesar di dunia dan rekam jejaknya dalam mendapatkan persetujuan.

“Pengarsipan BlackRock mengubah segalanya, yang menghidupkan kembali perlombaan,” kata Eric Balchunas selaku analis senior ETF di Bloomberg Intelligence.

Aplikasi BlackRock mendarat di tengah pertarungan hukum Grayscale Investments LLC dengan SEC untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi ETF yang didukung secara fisik.

Potongan Trust terhadap nilai aset bersih telah menyempit tajam karena spekulasi bahwa langkah BlackRock dapat memperkuat kasus Grayscale.

Sementara itu di Eropa, Deutsche Bank AG telah mengajukan izin regulasi untuk mengoperasikan layanan penitipan aset digital.

“Sangat tidak mungkin itu akan menghabiskan biaya untuk melakukan ini kecuali jika telah menerima cukup banyak minat dari klien besarnya,” tulis Noelle Acheson selaku penulis buletin Crypto Is Macro Now.

Pasar juga dibentuk oleh kekuatan makro, termasuk prospek pengetatan moneter AS lebih lanjut setelah Federal Reserve menghentikan kenaikan suku bunga bulan ini.

Beberapa pengamat mengharapkan nada hawkish dari Ketua Fed Jerome Powell dalam laporan mendatang ke Kongres.

Traders juga menunggu kejelasan lebih lanjut tentang skala stimulus ekonomi yang diharapkan di China, di mana bank sentral baru-baru ini memotong biaya pinjaman.

Kekalahan dalam crypto tahun lalu menghapus $1,5 triliun dan berkontribusi pada ledakan seperti kebangkrutan pertukaran FTX.

Bitcoin tetap jauh di bawah era pandemi, puncak 2021 yang dipicu oleh likuiditas hampir $69.000.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*