Joe Biden Mengundurkan Diri dari Pilpres AS 2024, Meme Coin BODEN Anjlok 60%
BERITA
1mo ago
Admin

Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat, resmi mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali dalam pemilihan presiden AS 2024.

Pengumuman ini datang setelah ia menghadapi tekanan besar terkait kampanye dan kondisi kesehatannya yang memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam sebuah postingan di X pada Minggu, 22 Juli 2024, Biden, seorang anggota Partai Demokrat, menyampaikan dalam surat pengunduran dirinya bahwa keputusan ini diambil demi kepentingan partai dan negara.

Meskipun demikian, Biden menegaskan akan terus menjalankan tugasnya sebagai presiden hingga masa jabatannya berakhir pada Januari 2025.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai presiden Anda,” ucap Biden.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa harga meme coin Jeo Boden (BODEN) merosot tajam sebesar 60%, dari US$0,0235 menjadi US$0,0097 segera setelah pengumuman tersebut.

Penurunan ini menyebabkan kapitalisasi pasar BODEN menyusut hampir US$10 miliar, dari US$16,2 miliar menjadi US$6,2 miliar.

Meme coin lain yang terkait dengan keluarga Biden juga mengalami penurunan drastis, termasuk meme coin Jill Boden (JILLBODEN) yang turun 68%, dan meme coin Hunter Biden yaitu Laptop (LAPTOP) yang anjlok 62%.

Sementara itu, harga Bitcoin (BTC) sempat turun dari US$67.231 menjadi US$66.000 sebelum kembali naik ke US$67.880.

Dalam suratnya, Biden menyatakan dukungan penuh kepada Wakil Presiden AS, Kamala Harris, untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat menggantikan dirinya.

Biden menyebut pemilihan Harris sebagai wakil presiden pada tahun 2020 sebagai "keputusan terbaik" yang pernah ia buat.

“Hari ini, saya ingin menyatakan dukungan penuh saya untuk Kamala agar menjadi calon dari partai kita tahun ini. Demokrat — saatnya kita bersatu dan mengalahkan Trump. Mari kita lakukan ini,” tulis Biden.

Beberapa nama lain telah disebut sebagai calon potensial pengganti Biden dalam tiket Partai Demokrat, tetapi mereka harus memiliki alasan kuat untuk menantang Harris, yang jika terpilih, akan menjadi presiden wanita pertama AS.

Pasar prediksi Polymarket menunjukkan bahwa Kamala Harris memiliki peluang 83% untuk menjadi calon dari Partai Demokrat 2024, dengan Michelle Obama di 8% dan kandidat lainnya di 7%.

Sebaliknya, peluang Harris dalam jajak pendapat Presidential Election Winner 2024 di Polymarket juga meningkat menjadi 29%, berada di bawah Donald Trump yang saat ini memiliki peluang 64%.

Berbeda dengan performa harga meme coin Biden, koin yang terkait dengan Harris, Kamala Horris (KAMA), naik 86% menjadi US$0,0197 menurut data CoinGecko.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*