Analisis Pasar Kripto Menjelang Bitcoin Halving 2024
BERITA
1mo ago
Admin

Harga Bitcoin mencapai titik terendah menjadi US$60.800 pada tanggal 14 April 2024, menjelang peristiwa halving yang diperkirakan akan terjadi pekan itu.

Penurunan ini tidak mengejutkan, mengingat pola harga pada halving sebelumnya.

Berdasarkan perhitungan mundur halving di Coinmarketcap, halving dijadwalkan pada Sabtu, 20 April 2024 dini hari.

Namun, sebelum halving, terjadi koreksi pada harga BTC pada tanggal 13-14 April 2024, yang juga berdampak pada penurunan harga altcoin.

Pada tanggal tersebut, harga BTC turun sebesar -10,5% dari US$68.000 menjadi US$60.800, sementara altcoin yang diwakili oleh grafik TOTAL3 mengalami penurunan sebesar -16%.

Total valuasi pasar kripto turun sebesar US$300 miliar dalam satu hari.

Meskipun terjadi koreksi, hal ini masih terlihat wajar setelah reli pasar kripto sejak awal tahun 2024.

Sebagai contoh, BTC tetap mencatatkan kenaikan +56,5%, sementara valuasi pasar kripto secara keseluruhan naik sebesar US$754 miliar.

Penurunan harga bisa dikaitkan dengan berita serangan yang diduga dilakukan Iran terhadap Israel, yang dikhawatirkan bisa memicu perang dunia ketiga.

Penurunan harga BTC dan pasar kripto menjelang halving bukan hal baru.

Pada halving Mei 2020, harga BTC turun -51% dan valuasi pasar kripto berkurang setengahnya.

Hal serupa terjadi pada halving Juli 2016, di mana harga BTC turun -23% sebelum halving.

Namun, setelah periode penurunan harga tersebut, BTC mencapai harga tertinggi baru dalam enam bulan setelah halving (November 2020) dan mencapai puncaknya pada akhir tahun 2021.

Terdapat hipotesis bahwa koreksi harga saat ini adalah wajar dan bisa diikuti oleh tren naik setelah halving.

Institusi besar seperti BlackRock telah memasuki pasar kripto pada tahun 2024 ini, memberikan keyakinan bahwa tren naik bisa berlanjut.

Halving tahun 2024 terjadi satu bulan lebih awal dari halving 2020 dan dua bulan lebih awal dari halving 2016.

Hal ini mengindikasikan bahwa siklus pasar bull mungkin tidak akan berakhir pada akhir tahun 2025, tetapi mungkin pertengahan atau bahkan Q1-Q2 2025.

Fakta bahwa harga BTC telah mencapai ATH sebelum halving juga mendukung spekulasi ini, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*