Yuk Kenal Lebih Jauh Mengenai Psikologi Trading!
INFORMASI
11mos ago
Admin

Dalam trading psikologi, terdapat dua perilaku spesifik yang umumnya dimiliki oleh para traders, perilaku tersebut terdiri dari:

  • Greed (Serakah): Perilaku serakah dapat menuntun para traders untuk mengambil resiko tinggi, membeli aset yang kurang jelas hanya karena harganya meningkat secara pesat, ataupun membeli aset tanpa diteliti terlebih dahulu latar belakang aset tersebut. Keserakahan juga menginspirasi para traders untuk tetap berada di posisi yang menguntungkan lebih lama untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Keserakahan banyak terlihat pada fase terakhir dari Bull Markets.


  • Fear (Ketakutan): Ketakutan biasanya muncul ketika bear markets. Hal tersebut menyebabkan para traders untuk menutup posisi sebelum waktunya (sebelum puncaknya) atau untuk menahan diri untuk mengambil resiko karena khawatir akan kerugian yang besar, hal tersebut menjurus ke arah panik yang umumnya menyebabkan penjualan yang signifikan pada pasar dikarenakan panic selling.


Kedua perilaku tersebut menimbulkan satu hal yang pasti yaitu "Penyesalan". Penyesalan dapat menyebabkan para trader untuk melakukan trading setelah melewati waktu ramai nya. Hasilnya: kerugian dari harga market yang turun dari puncak nya. Apa yang terjadi selanjutnya? Ada Kemungkinan terjadi nya stress dan kecemasan yang dapat berdampak juga pada kesehatan fisik, seperti merasakan sakit pada bagian perut, sakit kepala, insomnia, badan terasa lemas, sesak nafas, peningkatan detak jantung, berkeringat atau gemetaran, sakit pada otot (kaku pada otot).

Jadi NagaVerse ingat untuk kontrol mindset kalian supaya trading secara sehat dan menyenangkan!