Pemahaman DeFi: Pengertian dan Sejarah Keuangan Terdesentralisasi
INFORMASI
10mos ago
Admin

DeFi (Decentralized Finance) atau keuangan terdesentralisasi adalah sistem keuangan yang berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan keuangan tanpa melalui perantara atau lembaga keuangan tradisional.

DeFi bermula pada tahun 2017 dengan proyek-proyek seperti MakerDAO dan Compound yang memungkinkan pengguna meminjam uang atau menghasilkan bunga melalui transaksi cryptocurrency. 

Sejak itu, DeFi terus berkembang dan mencakup berbagai layanan seperti pertukaran aset, pinjaman, staking, asuransi, dan manajemen aset.

Layanan DeFi yang populer termasuk pertukaran aset, pinjaman, staking, asuransi, dan manajemen aset. 

DeFi didasarkan pada teknologi blockchain, di mana transaksi terjadi langsung antara pengguna tanpa melalui perantara. Dalam DeFi, pengguna mengambil kendali atas aset mereka dan memutuskan bagaimana aset tersebut akan digunakan dalam jaringan.

DeFi memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan keuangan yang aman, transparan, dan terdesentralisasi, tanpa terikat pada lembaga keuangan tradisional atau peraturan yang ketat. Namun, DeFi juga membawa risiko, seperti risiko keamanan dan risiko keuangan yang terkait dengan penggunaan cryptocurrency. 

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami risiko dan mempelajari cara menggunakan layanan DeFi dengan aman dan bijaksana.