Bulan Literasi Kripto 2024 telah Diresmikan dan Diadakan Sepanjang Bulan Mei 2024
EVENT
1mo ago
Admin

Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo – ABI) kembali menyelenggarakan Bulan Literasi Kripto 2024 (BLK) pada bulan Mei ini.

Peresmian acara BLK 2024 ini diadakan di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, pada 2 Mei 2024.

BLK adalah rangkaian kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang industri kripto dan mengedukasi masyarakat tentang cara berinvestasi secara aman dalam mencapai inklusi finansial, sekaligus mendorong pengembangan teknologi di Indonesia.

Dengan tema "Menjelajahi Dunia Kripto: Membangun Masa Depan Keuangan Digital", BLK 2024 mengajak masyarakat untuk lebih memahami dunia kripto dan berkontribusi dalam pembangunan masa depan keuangan digital yang inklusif.

Robby selaku Ketua Umum Asosiasi, menyatakan bahwa Bulan Literasi Kripto adalah kesempatan penting untuk mengembangkan inovasi dalam teknologi blockchain dan ekosistemnya.

Tingginya minat terhadap aset kripto di Indonesia diharapkan akan mendorong lebih banyak inovasi untuk masa depan finansial yang inklusif dan berdaya.

Pada acara peresmian, turut hadir Hasan Fawzi selaku Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto dan Kasan selaku PLT Bappebti.

Hasan Fawzi memberikan apresiasi terhadap BLK, menyatakan bahwa pemahaman yang baik tentang aset kripto menjadi kunci untuk pemanfaatannya dengan bijak.

Dia juga menekankan pentingnya tingkat literasi yang tinggi dalam mengenali risiko yang terkait dengan aset kripto.

Kasan menegaskan bahwa meskipun ada perpindahan kewenangan dari Bappebti ke OJK pada 10 Januari 2025, kolaborasi antara kedua lembaga akan tetap berlanjut untuk memastikan pengembangan industri kripto sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Selama acara peresmian, Kasan juga menginformasikan bahwa nilai transaksi kripto pada kuartal pertama 2024 mencapai Rp158 triliun, meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Dia juga menyoroti kontribusi perdagangan aset kripto terhadap penerimaan negara dalam sektor perpajakan.

Setelah pembukaan, BLK akan dilanjutkan dengan roadshow ke lima kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan, dari tanggal 6 hingga 29 Mei 2024.

Roadshow ini akan melibatkan panelis dari pemerintah dan industri blockchain serta aset kripto, serta berkolaborasi dengan komunitas dan universitas terkemuka.

Acara penutupan BLK akan diadakan pada 30 Mei 2024 di Menara Imperium, Jakarta, dan terbuka untuk umum.

Para peserta akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para pelaku industri dan influencer kripto.

NagaExchange juga ikut serta memeriahkan BLK 2024 dengan mengadakan Online Talkshow yang akan diisi oleh pembicara-pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya.

Dengan ini, kami berharap agar masyarakat lebih mengenal dan memahami dunia Kripto dan Blockchain.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*