Web3 Dipercaya Oleh Kemenparekraf Mampu Mendorong Sektor Pariwisata Di Indonesia
BERITA
8mos ago
Admin

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia sangat optimis tentang potensi Web3 dalam meningkatkan industri pariwisata di negara ini.

Sebagai informasi, pariwisata telah menjadi salah satu kontributor penting dalam perekonomian Indonesia.

Menurut Data Indonesia, pendapatan dari sektor ini mencapai US$4,26 miliar pada tahun 2022, mengalami peningkatan signifikan sebesar 769,39% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun 2023 menjadi target ambisius bagi pariwisata Indonesia, dengan MPR RI yang merencanakan pendapatan nasional dari pariwisata mencapai sekitar Rp111,7 triliun.

Mereka juga menargetkan sekitar 1,4 miliar perjalanan wisatawan domestik dan 8,5 juta kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Pada acara eksklusif At The Table Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) yang diadakan di Locca Sea House, Bali, pada tanggal 25 Agustus 2023, Muhammad Neil El Himam selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, menyatakan keyakinannya bahwa Web3 memiliki potensi besar untuk memajukan sektor pariwisata di Indonesia.

Ia melihat bahwa video dan foto pariwisata Indonesia dalam bentuk NFT dapat digunakan untuk mempromosikan pariwisata di negara ini.

Neil berharap bahwa teknologi Web3 akan semakin diterapkan dan memberikan berbagai solusi serta mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata.

“Saya berharap teknologi blockchain dan Web3 ini bisa memberikan solusi bagi tantangan yang sekarang kita hadapi, misal rekam medis, kalau ditaruh on chain, tentunya rekam medik bisa jadi milik pasien, meningkatkan kesehatannya, dengan pindah-pindah rumah sakit datanya satu. Kemudian bisa juga untuk sertifikat tanah, ijazah sekolah, karya seni seperti lagu dalam bentuk NFT yang bisa memberikan manfaat lebih bagi para kreator,” ujarnya.

Dari sisi ekonomi kreatifnya, Neil menyatakan, “Untuk ekonomi kreatif yang berbasis kekayaan intelektual, Web3 ini bisa merealisasikan menambah nilai ekonomi, pencatatan jelas, kegunaan yang jelas, monetary value yang bagus”.

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia juga menyampaikan optimisme terkait Web3 dalam sektor pariwisata di Indonesia.

Menurutnya, teknologi Web3 dapat menciptakan perjalanan yang lebih inklusif dan pribadi dengan pengalaman yang lebih menarik serta meningkatkan kepuasan para wisatawan.

“Saya sangat optimis karena saya yakin inovasi Web3 memiliki potensi transformatif, termasuk di sektor pariwisata. Melalui teknologi blockchain kita dapat menumbuhkan kepercayaan dan keamanan transaksi antara turis dan penyedia layanan pariwisata. Menciptakan pelayanan yang lebih inklusif dan transparan. Terlebih lagi, DeFi dapat memberdayakan komunitas lokal dengan memperluas akses keuangan dalam sektor Web3,” katanya.

Pada bulan Agustus 2022, Kemenparekraf bersama Magnus Digital telah bekerja sama untuk menciptakan WonderVerse Indonesia, suatu platform yang bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia dalam bentuk metaverse.

Dengan menggunakan metaverse, diharapkan bahwa masyarakat dapat mengalami pengalaman pariwisata Indonesia tanpa perlu secara fisik mengunjungi tempatnya.

“Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan pers, pada Jumat (19/8/22).


Sumber: Coinvestasi