Persiapan Peluncuran Mainnet dalam Skala Ethereum “Arbitrum Orbit”
BERITA
7mos ago
Admin

Arbitrum Orbit merupakan solusi skala Ethereum dari Offchain Labs yang telah resmi dan siap untuk meluncurkan Mainnet.

Ini memungkinkan pengembang untuk membuat jaringan mereka sendiri yang akan terhubung ke layer-2 Arbitrum.

Arbitrum Orbit telah menarik sekitar 470 aplikasi ke platformnya dengan total nilai terkunci (TVL) mencapai $2,73 miliar.

Dengan adanya Orbit, para pengembang dapat memakai dasar kode Arbitrum untuk membangun rangkaian yang disesuaikan.

Steven Goldfeder selaku pendiri dan CEO Offchain Labs, menjelaskan bahwa para pengembang akan memiliki kendali penuh atas tumpukan Arbitrum Nitro yang memungkinkan mereka mengatur privasi, izin, dan biaya pada rangkaian Arbitrum Orbit yang mereka bangun.

Mereka juga dapat menyesuaikan tumpukan mereka dan terhubung ke berbagai penyedia data, sambil tetap memperoleh akses ke alat lain yang disediakan oleh Arbitrum, seperti Stylus dan BoLD.

Melalui hal ini, Arbitrum Orbit memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar bagi para pengembang dalam pembuatan dan manajemen rangkaian mereka.

Salah satu keunggulan utama dari Arbitrum Orbit adalah pengurangan signifikan dalam biaya bagi pengguna.

Goldfeder menjelaskan bahwa jaringan yang ingin beroperasi di Ethereum harus menanggung biaya overhead.

Namun, dengan menggunakan Arbitrum, data tetap terhubung ke Ethereum, tetapi berjalan melalui "bus Arbitrum" bersama dengan seluruh layer-3 lainnya.

Dengan demikian, mereka akan berbagi biaya overhead daripada membayar secara individual.

Goldfeder juga mencatat bahwa blok di Arbitrum adalah elastis jika terdapat 100 transaksi dalam satu detik, maka akan ada empat blok yang terbentuk setiap detik.

Di sisi lain, jika tidak ada transaksi dalam satu jam, tidak akan ada blok yang terbentuk.

Hal ini menyiratkan bahwa biaya untuk memulai jaringan di ekosistem Arbitrum rendah karena tidak ada keharusan membayar untuk blok kosong.

Peluncuran Arbitrum Orbit merupakan pencapaian penting dalam perluasan teknologi Arbitrum.

Melalui Orbit, para pengembang dapat membuat jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sambil memanfaatkan teknologi canggih yang dimiliki oleh Arbitrum.

Hal ini bukan hanya membuka peluang baru bagi pengembang, tetapi juga berpotensi mengubah dinamika di ranah crypto.

Secara keseluruhan, Arbitrum Orbit adalah langkah maju yang signifikan dalam ekosistem crypto.

Dengan kapasitasnya untuk memberikan solusi skala yang efisien dan fleksibel, Orbit mampu mengubah cara Ethereum dan dunia crypto beroperasi secara keseluruhan.

Oleh karena itu, kehadiran Arbitrum Orbit bukan hanya membuka pintu bagi pengembang, tetapi juga membawa manfaat besar bagi pengguna.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*