Setelah Mengalami Lonjakan Tinggi, Bitcoin Mendadak Anjlok Hingga Rp662 Juta!
BERITA
3mos ago
Admin

Nilai Bitcoin mengalami penurunan ke USD42.000 setelah awal tahun yang dimulai dengan peningkatan yang signifikan.

Harga Bitcoin (BTC) tiba-tiba turun secara signifikan setelah mencapai level USD45.000 pada awal tahun 2024.

Pada Rabu malam (3/1/2024), nilai BTC mencapai sekitar USD42.500 atau sekitar Rp662 juta yang mengalami penurunan sebesar 7% dalam periode 24 jam berdasarkan data dari CoinMarketCap.

Penurunan ini menyebabkan likuidasi posisi senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,7 triliun di berbagai bursa derivatif.

Dampak dari penurunan ini terlihat pada penurunan open interest sebesar USD2 miliar atau setara Rp31 triliun, karena trader melakukan likuidasi dan mengurangi eksposur baik pada posisi long maupun short.

Penurunan ini terjadi seiring dengan antisipasi pasar terhadap keputusan aplikasi Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat oleh US Securities and Exchange Commission (SEC) yang diperkirakan akan diumumkan pada awal Januari.

Meskipun demikian, analis dari Matrixport memprediksi penolakan seluruh aplikasi ETF pada bulan ini, dengan menyatakan bahwa aplikasi tidak memenuhi persyaratan yang diperlukan sebelum SEC memberikan persetujuan.

Matrixport juga menyoroti sikap anti-kripto Chair SEC, Gary Gensler, yang membuat sulit untuk mengharapkan persetujuan ETF Bitcoin spot.

Selain Bitcoin, mayoritas aset kripto lainnya juga mengalami penurunan nilai.

Ethereum (ETH) saat ini diperdagangkan sekitar USD2.226 atau sekitar Rp34,6 juta per token, mengalami penurunan lebih dari 7% dalam 24 jam terakhir.

Beberapa altcoin, seperti XRP (XRP), Cardano (ADA), dan Avalanche (AVAX), bahkan merosot lebih dari 11%, sementara Solana turun hingga 13% dalam periode yang sama.


Sumber: Coindesk


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*