Pengajuan Kembali ETF Bitcoin Spot Oleh BlackRock
BERITA
9mos ago
Admin

Pada Senin (3/7), Nasdaq mengajukan ulang ETF Bitcoin spot atas nama manajer aset BlackRock kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Sebelumnya, permohonan serupa telah diajukan pada Kamis (15/6), tetapi regulator menolak permintaan tersebut dengan alasan persyaratan kesepakatan pembagian pengawasan belum terpenuhi.

Dalam pengajuan terbaru, BlackRock menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Coinbase untuk melaksanakan pembagian pengawasan.

BlackRock dan Coinbase dijadwalkan akan menandatangani perjanjian kesepakatan sebelum perdagangan dimulai.

Fidelity, perusahaan investasi yang saat ini sedang mengajukan persetujuan untuk meluncurkan ETF Bitcoin Spot juga telah setuju untuk memanfaatkan layanan pengawasan dari Coinbase.

Kesepakatan pembagian pengawasan menjadi syarat penting bagi penyedia layanan ETF Bitcoin Spot. Persyaratan ini diterapkan untuk mencegah potensi manipulasi pasar.

Setelah berita ini mulai menyebar, harga Bitcoin mengalami kenaikan yang signifikan. Dalam 24 jam terakhir, Bitcoin diperdagangkan dengan harga US$31.212 dan mencatat peningkatan sebesar 1,40%.

Sejak awal berita pengajuan ETF Bitcoin Spot pada Kamis (15/6) menyebar, harga Bitcoin telah naik sekitar 20%.

Kenaikan ini dipicu oleh banyaknya perusahaan lain yang juga berkompetisi untuk mengajukan proposal ETF Bitcoin spot mereka sendiri.

Selain itu, BlackRock juga terkenal sebagai salah satu perusahaan manajemen aset terbesar di dunia dengan total aset yang dikelola mencapai US$9,5 triliun.

Hingga saat ini, belum ada aplikasi ETF spot seperti itu yang telah disetujui oleh SEC karena adanya kekhawatiran terhadap potensi penipuan atau manipulasi di pasar spot.

Sebagai opsi alternatif, SEC telah menyetujui empat ETF Bitcoin yang berfokus pada perdagangan berjangka, salah satunya adalah BITX yang disediakan oleh Volatility Shares.

Perbedaan antara ETF Bitcoin spot dan ETF Bitcoin berjangka terletak pada instrumen dasar dan metode perhitungan harga.

ETF Bitcoin spot melacak harga Bitcoin secara langsung di pasar spot, sementara ETF Bitcoin berjangka menggunakan kontrak berjangka Bitcoin.

ETF Bitcoin spot memberikan paparan langsung terhadap pergerakan harga Bitcoin saat ini, sementara harga ETF Bitcoin berjangka bergantung pada harga kontrak berjangka Bitcoin dan faktor-faktor lainnya.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*