Perkembangan Terbaru Kripto di Awal Q4 2023: Peningkatan Harga BTC dan Peluang Proyek Baru
BERITA
8mos ago
Admin

Pada awal kuartal keempat tahun 2023, pasar kripto menjadi sorotan karena mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Salah satunya adalah Bitcoin yang telah mengalami peningkatan sebesar +14% sejak Oktober 2023 dan berhasil melewati resistance penting pada level harga US$30.000.

Tidak hanya Bitcoin yang mengalami peningkatan, beberapa altcoin juga mencatat pencapaian yang mencolok.

Misalnya, Solana berhasil mencapai level harga US$30 pada Juli 2023. Ripple juga mendapat dorongan positif setelah kasusnya dengan SEC dibatalkan yang mengakibatkan kenaikan harga XRP hingga mencapai US$0,5.

Sementara itu, Chainlink dan token nativenya, LINK, mengalami peningkatan sebesar +42% dalam tiga hari terakhir.

Selain itu, sejumlah proyek kripto baru yang saat ini sedang menjalankan tahap presale mendapatkan perhatian dari para investor.

Salah satunya adalah Bitcoin Minetrix, proyek kripto cloud mining terdesentralisasi yang berhasil mengumpulkan dana sebesar US$2,1 juta pada tahap pertama.

Solana telah berhasil mencapai di level harga US$30 pada awal kuartal keempat tahun 2023.

Aset kripto ini telah menunjukkan kenaikan harga tertinggi di antara aset-aset kripto 10 teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Harga Solana naik sebesar +42%, melonjak dari US$21,3 menjadi US$30,2. Kenaikan ini membuat Solana meraih peringkat 7 dalam kapitalisasi pasar melampaui Cardano.

Pada tanggal 23 Oktober 2023, SOL diperdagangkan dengan harga US$30,2 dan memiliki potensi untuk menghadapi resistance di level US$32.

Level ini adalah level harga yang sama ketika terjadi penurunan signifikan pada FTX. Ini merupakan saat yang penting bagi Solana untuk membuktikan apakah dapat pulih setelah mengalami penurunan harga pasca-kejadian penurunan FTX.

Pada tanggal 19 Oktober 2023, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) secara resmi membatalkan gugatan terhadap para eksekutif Ripple.

Setelah pengumuman ini, harga XRP mengalami kenaikan sebesar +9,4% dalam empat hari terakhir.

Keputusan untuk menarik gugatan ini dianggap sebagai berita positif oleh komunitas Ripple karena hal ini berpotensi menghilangkan kendala regulasi yang telah mempengaruhi harga XRP.

Contoh yang menarik adalah saat bullrun tahun 2021, di mana Ripple sedang menghadapi gugatan dari SEC.

Pada saat itu, XRP menjadi satu-satunya aset kripto dalam 10 besar berdasarkan kapitalisasi pasar yang tidak mencapai rekor tertinggi atau harga tertinggi baru.

Pada periode bullrun tahun 2021, XRP hanya mencapai harga US$1,96, sementara harga tertinggi sebelumnya adalah US$3,31 pada bullrun tahun 2017.

Salah satu aset kripto yang mencatat performa luar biasa selama pekan ini adalah LINK, token asli dari Chainlink.

Dalam waktu tiga hari, LINK mengalami peningkatan harga sebesar +43%, melonjak dari US$7,3 menjadi US$10,4.

Harga ini terakhir kali tercapai pada Mei 2022 atau sekitar satu setengah tahun yang lalu.

Chainlink mulai menarik perhatian setelah memperkenalkan pengembangan Cross-Chain Interoperability Protocol (CCIP) dan menggabungkannya dengan tokenisasi aset cross-chain yang memungkinkan aset-aset dunia nyata (real world assets - RWA) untuk diintegrasikan melalui protokol yang dibangun oleh Chainlink.

Selain proyek kripto yang telah ada dalam waktu lama, proyek-proyek kripto baru juga mendapat perhatian dari para investor.

Sebagai contoh, Bitcoin Minetrix, sebuah proyek kripto cloud mining yang berbasis pada desentralisasi, berhasil menghimpun dana sebesar US$2,1 juta dalam tahap presale awalnya.

Bitcoin Minetrix telah memperkenalkan model Stake-to-Mine yang inovatif dan menyediakan kesempatan bagi pengguna untuk memperoleh pendapatan pasif dengan pendekatan yang lebih terdesentralisasi daripada cloud mining konvensional.

Melalui model ini, pemilik token BTCMTX, yang merupakan token asli Bitcoin Minetrix, memiliki kemampuan untuk melakukan staking token mereka yang akan menghasilkan kredit mining yang dapat digunakan untuk mendapatkan daya cloud mining yang digunakan untuk menambang BTC.

Untuk memulai proses cloud mining, pengguna dapat memperoleh token BTCMTX melalui presale.

Harga presale token BTCMTX pada tahap awal adalah sebesar US$0,011 dan akan mengalami peningkatan pada tahap-tahap berikutnya.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*