Peluncuran Perkembangan Dencun oleh Ethereum, Apa itu Dencun?
BERITA
1mo ago
Admin

Di tengah lonjakan harga pasar kripto, semua mata tertuju pada Ethereum dengan peluncuran Upgrade Dencun pada tanggal 13 Maret 2024.

Di hari yang sama, harga Ethereum mencapai Rp 63,027,976.96 ($4,048.07).

Upgrade ini tidak hanya berpotensi untuk meningkatkan efisiensi jaringan, tetapi juga menjanjikan dampak besar terhadap posisi Ethereum dalam persaingan dengan Bitcoin.

Ethereum Dencun Upgrade yang juga dikenal sebagai proto-danksharding, merupakan langkah maju dalam perkembangan jaringan Ethereum.

Salah satu aspek utama dari upgrade ini adalah Ethereum Improvement Proposal (EIP) – 4844, yang memperkenalkan transaksi baru dengan konsep "blobs".

Penggunaan konsep "blobs" ini memungkinkan jaringan untuk menangani lebih banyak transaksi dengan biaya yang lebih rendah dan berpotensi mengurangi beban jaringan Ethereum.

Selain itu, Dencun juga menjanjikan peningkatan skalabilitas melalui peningkatan fungsionalitas layer 2, seperti yang terlihat dari peluncuran Uniswap v4.

Upgrade Dencun tidak hanya membawa peningkatan teknis, tetapi juga menghadirkan perubahan signifikan dalam efisiensi, fungsionalitas, dan skalabilitas jaringan Ethereum.

Hal ini dapat memicu perkembangan inovasi dan investasi baru dalam ekosistem Ethereum serta memperkuat posisinya dalam ranah DeFi.

Dengan upgrade Dencun, Ethereum memiliki potensi untuk menyelesaikan beberapa masalah utama yang dihadapi oleh jaringan blockchain saat ini, seperti skalabilitas, biaya transaksi yang tinggi, dan ketidakpastian kinerja.

Upgrade Dencun akan memperkuat fondasi teknis Ethereum dan memicu gelombang inovasi baru dalam DeFi.

Dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan kinerja jaringan yang lebih baik, protokol DeFi dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, sementara pengembang memiliki lebih banyak kesempatan untuk menciptakan produk-produk baru dan inovatif.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*