Kepala BAPPEBTI Memastikan Peluncuran Bursa Kripto Bulan Ini
BERITA
7mos ago
Admin

Pada bulan Juli 2023, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memastikan peluncuran bursa perdagangan berjangka komoditi kripto.

Menurut Didid Noordiatmoko selaku Kepala Bappebti , saat ini mereka akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap dokumen persyaratan peluncuran bursa berjangka kripto.

"Ya (akan meluncur Juli). Intinya semua proses sudah dilalui. Saya akan me-review kembali apakah semua sudah sesuai dengan aturan, kelengkapan dokumentasi dan sebagai," kata Kepala Bappebti seperti yang dikutip dari detik finance pada hari Jumat (7/7).

Setelah melakukan pemeriksaan ulang, Didid menjelaskan bahwa mereka akan melaporkan kepada Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan terlebih dahulu. Jika mendapatkan persetujuan, langkah selanjutnya adalah penandatanganan dan segera diluncurkannya bursa berjangka kripto.

"Jika sudah, saya akan laporkan ke pak Mendag sebelum saya tanda tangan," ujarnya.

"Pak Menteri arahannya bursa kripto harus segera terbentuk, tenggat waktunya Juni 2023. Bagi Bappebti, bursa kripto ini sebuah kebutuhan. Kalau enggak ada bursa kripto, saya dikit-dikit sakit perut karena asam lambungnya naik," lanjutnya.

Pada saat itu, Didid menjelaskan bahwa Bappebti harus melewati beberapa tahap penting dalam membentuk bursa kripto.

Menurutnya, target yang ditetapkan oleh Zulhas terkait bursa kripto adalah realistis karena mereka sudah memiliki beberapa kriteria untuk pembentukan bursa tersebut.

Namun, ia menegaskan bahwa tidak hanya masalah membentuk bursa saja, tetapi juga penting untuk menciptakan ekosistem yang memadai.