Akhirnya SEC Menyetujui ETF Bitcoin Spot
BERITA
1mo ago
Admin

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat secara resmi menyetujui Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot pertama pada 10 Januari 2024, menurut zona waktu Amerika Serikat.

Persetujuan tersebut diberikan setelah SEC menyetujui permohonan 19b-4 dari berbagai perusahaan termasuk ARK 21Shares, Invesco Galaxy, VanEck, WisdomTree, Fidelity, Valkyrie, BlackRock, Grayscale, Bitwise, Hashdex, dan Franklin Templeton.

Gary Gensler selaku Ketua SEC menyatakan, “Meskipun kami menyetujui pencatatan dan perdagangan saham spot Bitcoin ETP tertentu hari ini, kami tidak menyetujui atau mendukung Bitcoin”.

Gensler menegaskan bahwa regulator tetap "netral" dan tidak mengambil sikap terhadap perusahaan, investasi, atau aset yang mendasari produk yang diperdagangkan di bursa.

Gensler juga mengingatkan investor untuk tetap berhati-hati terhadap Bitcoin yang nilainya terhubung dengan pasar kripto.

Setelah persetujuan ETF BTC spot, perdagangan produk tersebut dapat dilakukan di bursa terkait yang diperkirakan akan dimulai pada 11 Januari 2024, menurut zona waktu Amerika Serikat.

Manajer aset terbesar di dunia, BlackRock, akan mengenakan biaya 0,2% hingga dana mencapai US$5 miliar dalam aset yang dikelola (AUM).

Bitwise memiliki biaya 0,24%, sedangkan Ark 21Shares dan VanEck memiliki biaya 0,25%.

Ark 21Shares menawarkan pembebasan biaya selama enam bulan pertama atau hingga AUM mencapai US$1 miliar.

Sementara itu, Grayscale saat ini menjadi produk ETF Bitcoin dengan biaya tertinggi sebesar 1,5% untuk calon investornya.

Harga Bitcoin mengalami kenaikan ke level US$47.890 sekitar pukul 06.00 WIB, sekitar satu jam setelah pengumuman persetujuan ETF Bitcoin spot.

Namun, harga Bitcoin mengalami perubahan setiap saatnya.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*