Sejarah Dan Perkembangan PancakeSwap (CAKE) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
5mos ago
Admin

Cake merupakan koin digital dengan platform keuangan terdesentralisasi PancakeSwap yang beroperasi di jaringan Binance Smart Chain (BSC).

PancakeSwap adalah platform pertukaran tanpa perantara yang menyerupai Uniswap di jaringan Ethereum, tetapi berfungsi di BSC.

Cake berfungsi sebagai token utilitas di ekosistem ini dan memiliki berbagai peran, termasuk sebagai alat pembayaran untuk transaksi, staking, dan lainnya.

PancakeSwap dan Cake telah meraih popularitas dalam ekosistem BSC karena biaya transaksi yang lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan Ethereum.


Sejarah perkembangan PancakeSwap hingga saat ini:

1. Awal Pendirian PancakeSwap (2020): PancakeSwap memulai perjalanannya pada bulan September 2020 di Binance Smart Chain (BSC), menjadi protokol pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang serupa dengan Uniswap di jaringan Ethereum. Keunggulannya segera terlihat karena biaya transaksi yang lebih rendah dan proses yang lebih cepat dibandingkan Ethereum.

2. Farm dan Staking Diperkenalkan (2020): Dalam tahun yang sama, PancakeSwap memperluas likuiditasnya dengan mengenalkan fitur farming dan staking. Ini memungkinkan pengguna untuk mengunci token mereka dalam likuiditas atau ikut serta dalam program staking untuk menerima token Cake sebagai imbalan.

3. Inovasi dengan Token dan Fitur Baru: PancakeSwap terus berkembang dengan menambahkan berbagai token dan pasangan mata uang kripto baru yang dapat diperdagangkan. Mereka juga memperkenalkan fitur-fitur baru, seperti kemungkinan pengambilan pinjaman dan teknologi NFT.

4. Perbaikan Setelah Insiden Keamanan: Seperti banyak protokol DeFi, PancakeSwap menghadapi beberapa masalah keamanan, tetapi tim pengembangnya berdedikasi dalam memperbaiki kerentanannya dan memperkuat platform tersebut.

5. Integrasi dengan DEX Lain: PancakeSwap melakukan kolaborasi dengan protokol DeFi lain, seperti Venus, yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset kripto.

6. Peningkatan Penggunaan yang Konsisten: PancakeSwap terus menarik pengguna baru dan berkembang menjadi salah satu protokol DeFi terkemuka di ekosistem Binance Smart Chain.

7. Kemitraan dengan Penyedia Likuiditas dan Pengembangan Pasar: PancakeSwap menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia likuiditas untuk memperluas ekosistemnya, termasuk penambahan token dan pasangan mata uang kripto baru yang dapat diperdagangkan.

8. PancakeSwap V2 (2021): Pada tahun 2021, PancakeSwap memperkenalkan PancakeSwap V2, yang membawa berbagai perbaikan, termasuk peningkatan kecepatan dan efisiensi dalam operasionalnya.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*