Sejarah Dan Perkembangan Chainlink (LINK) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
6mos ago
Admin

Chainlink adalah suatu platform blockchain yang bertujuan memfasilitasi hubungan antara smart contract di dalam blockchain dengan sumber daya di luar blockchain.

Ini memungkinkan smart contract untuk mengakses informasi dunia nyata seperti harga aset, data cuaca, hasil pemilihan umum, dan berbagai informasi lainnya.


Sejarah Perkembangan Chainlink:

1. Pendirian dan Konteks Awal (2017):

Chainlink didirikan oleh Sergey Nazarov dan Steve Ellis. Whitepaper pertama dirilis pada November 2017. Tujuan utama proyek ini adalah mengatasi keterbatasan smart contract di blockchain, yaitu ketidakmampuannya untuk secara otomatis memperoleh informasi dunia nyata.

2. Pengumpulan Dana dan Tahap Perkembangan Awal (2017-2019):

Setelah rilis whitepaper, proyek ini melakukan Initial Coin Offering (ICO) untuk mendapatkan dana guna mendukung pengembangan platformnya. Dana tersebut digunakan untuk membangun dan meningkatkan infrastruktur yang memungkinkan interaksi antara blockchain dengan sumber data eksternal.

3. Perkenalan Mainnet (2019):

Pada Mei 2019, Chainlink meluncurkan mainnet pertamanya, sebuah langkah penting dalam pengembangan platform ini. Mainnet merupakan versi blockchain yang berjalan secara mandiri dan tidak lagi tergantung pada blockchain lainnya seperti Ethereum.

4. Kemitraan dan Pengakuan (2019-2021):

Selama periode ini, Chainlink berhasil membentuk kemitraan yang signifikan dengan perusahaan-perusahaan besar dan proyek-proyek blockchain ternama. Hal ini membantu meningkatkan adopsi dan pengakuan terhadap platform mereka di seluruh industri blockchain.

5. Perkembangan Lanjutan dan Pertumbuhan (2021 - Saat Ini):

Sejak tahun 2021, Chainlink terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Mereka terus meningkatkan fungsionalitas, keamanan, dan integrasi dengan berbagai blockchain dan proyek lainnya. Chainlink juga telah menjadi salah satu pemimpin di sektor orakel blockchain, yang menjadi fokus utama mereka.


Chainlink terus berinovasi dan menjalin kemitraan dengan berbagai proyek blockchain dan industri untuk meningkatkan ekosistem blockchain secara menyeluruh.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*