Sejarah Dan Perkembangan Tron (TRX) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
9mos ago
Admin

TRON (TRX) adalah sebuah proyek blockchain yang didirikan oleh Justin Sun pada tahun 2017.

Proyek ini telah mendapatkan ketenaran yang signifikan dan menjadi salah satu pesaing utama Ethereum dalam hal platform kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Berikut adalah ringkasan sejarah dan perkembangan TRON:

1. Pendirian (2017): TRON didirikan oleh Justin Sun yang merupakan seorang pengusaha muda dari Tiongkok yang sebelumnya bekerja di Ripple. Pada tahun 2017, Sun mengumumkan TRON dengan visi menciptakan "Web 4.0" yang terdesentralisasi, dengan tujuan menghapus perantara dan memberikan lebih banyak kekuasaan kepada pengguna dalam berbagi konten dan informasi.

2. Penawaran Umum Awal (ICO): TRON menggelar penawaran umum awal (ICO) pada tahun 2017 dan berhasil mengumpulkan dana penting untuk pengembangan proyek ini.

3. Migrasi ke Mainnet (2018): Awalnya, TRON beroperasi sebagai token ERC-20 di atas jaringan Ethereum. Namun, pada tahun 2018, mereka berhasil beralih ke jaringan utama mereka sendiri yang disebut "Mainnet", yang merupakan langkah penting untuk memperoleh kendali penuh atas platform mereka.

4. Akuisisi BitTorrent (2018): Pada tahun 2018, TRON mengakuisisi BitTorrent, perusahaan terkenal dalam berbagi file. Akuisisi ini memungkinkan TRON untuk memperluas ekosistemnya dan mengintegrasikan teknologi BitTorrent ke dalam blockchain TRON.

5. Perkembangan dApps dan Kontrak Pintar: TRON telah aktif dalam membangun ekosistem dApps dan kontrak pintar. Mereka sering mengadakan kontes pengembangan dApps dan mengundang pengembang untuk membangun aplikasi di atas platform mereka.

6. Pembaruan Konsensus: TRON menggunakan algoritma konsensus Delegated Proof of Stake (DPoS) untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan mengurangi biaya. Mereka juga melakukan pembaruan rutin untuk meningkatkan kinerja jaringan mereka.

7. Pendanaan dan Kemitraan: TRON berhasil mendapatkan dukungan finansial dan menjalin kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan dan proyek terkemuka dalam dunia blockchain dan teknologi.

8. Evolusi Ekosistem: TRON telah mengembangkan berbagai produk dan layanan di dalam ekosistemnya, termasuk TRON Wallet dan TRONScan (explorer blockchain), yang bertujuan untuk memperluas fungsionalitas platform mereka.

9. Pengembangan Berkelanjutan: TRON terus bekerja keras dalam pengembangan teknologi mereka dan berupaya untuk menjadikan platform mereka lebih menarik bagi pengembang dan pengguna. Mereka juga aktif dalam berbagai inisiatif dalam industri blockchain.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*