Sejarah Dan Perkembangan Bitcoin Cash (BCH) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
5mos ago
Admin

Bitcoin Cash (BCH) muncul sebagai cryptocurrency setelah terjadi perpecahan (hard fork) dari Bitcoin (BTC) pada 1 Agustus 2017.

Perpecahan ini berawal dari perbedaan pandangan dalam komunitas Bitcoin mengenai cara meningkatkan kapasitas blok transaksi dalam jaringan.


Berikut ini merupakan perkembangan Bitcoin Cash sampai sekarang:

1. 2017: Kelahiran Bitcoin Cash (BCH)

Pada bulan Agustus 2017, Bitcoin Cash (BCH) diperkenalkan melalui hard fork dari Bitcoin (BTC) dan mengawali keberadaannya di pasar cryptocurrency.

2. 2018: Volatilitas dan Pertumbuhan

Tahun 2018, menyaksikan fluktuasi harga yang signifikan, yang menjadi ciri umum bagi banyak cryptocurrency pada periode tersebut.

Bitcoin Cash (BCH) mulai diterima oleh sejumlah pedagang dan layanan online sebagai metode pembayaran alternatif.

Komunitas BCH juga mulai aktif mengembangkan berbagai proyek dan melakukan perbaikan teknis guna meningkatkan kinerja jaringannya.

3. 2019: Peningkatan Kapasitas Blok dan Solusi Pembayaran

Pada tahun 2019, Bitcoin Cash (BCH) mengalami peningkatan kapasitas blok melalui adopsi Schnorr Signatures, yang membantu mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan tingkat privasi.

Mata uang ini semakin diterima oleh berbagai layanan pembayaran dan pedagang online yang mulai mengintegrasikannya sebagai alternatif.

Selain itu, infrastruktur seperti wallet dan layanan tambahan terus berkembang.

4. 2020: Peningkatan Skalabilitas dan Aplikasi

Tahun 2020, menyaksikan pengenalan layanan DeFi (Decentralized Finance) dan aplikasi berbasis BCH.

Terjadi berbagai pembaruan teknis yang bertujuan meningkatkan kecepatan dan efisiensi jaringan BCH.

Meskipun BCH belum sepopuler Bitcoin (BTC), mata uang ini terus digunakan sebagai alternatif dalam transaksi.

5. 2021: Pertumbuhan Nilai dan Ekosistem yang Berkembang

Nilai Bitcoin Cash (BCH) mengalami pertumbuhan yang signifikan selama tahun 2021, mengikuti tren kenaikan umum di pasar cryptocurrency.

Semakin banyak layanan dan proyek yang mendukung BCH, termasuk pengembangan aplikasi DeFi dan NFT (Non-Fungible Tokens) berbasis BCH.

Penggunaan BCH pun terus bertambah dalam transaksi sehari-hari dan semakin banyak merchant online yang menerima mata uang ini.

6. 2022 (dan Seterusnya): Masa Depan Bitcoin Cash

Tantangan dan peluang mendatang bagi Bitcoin Cash (BCH) akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti adopsi lebih lanjut, perkembangan teknologi, dan perubahan dalam pasar cryptocurrency secara keseluruhan.

Komunitas BCH akan terus berupaya untuk meningkatkan teknologi dan mengatasi masalah skalabilitas yang mungkin muncul.

Di masa mendatang, BCH akan bersaing dengan cryptocurrency lainnya dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar serta adopsinya.


Perkembangan cryptocurrency adalah suatu proses yang sangat dinamis, sehingga hal-hal dapat berubah dengan cepat.

Untuk informasi terbaru mengenai Bitcoin Cash (BCH), disarankan untuk mengikuti berita cryptocurrency dan merujuk pada sumber resmi proyek BCH.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*