Sejarah Dan Perkembangan Binance Coin (BNB) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
7mos ago
Admin

Binance Coin (BNB) merupakan mata uang kripto yang dibuat oleh Binance, bursa kripto terbesar di dunia.

Meskipun awalnya berbentuk token Ethereum, BNB kini beroperasi di dalam jaringan Binance Chain. Fungsinya mencakup pembayaran biaya perdagangan dan layanan di platform Binance, juga memainkan peran penting dalam ekosistem luas yang dibangun oleh Binance.

Berikut adalah ringkasan tentang sejarah dan perkembangan Binance Coin (BNB):

1. Peluncuran dan Tujuan Awal (2017):

Pada Juli 2017, Binance Coin diperkenalkan oleh Binance, sebuah platform pertukaran kripto yang didirikan oleh Changpeng Zhao (CZ).

Fokus awal penciptaan BNB adalah untuk menjadi mata uang internal di platform Binance. BNB digunakan oleh pengguna untuk membayar biaya perdagangan dan layanan di Binance, juga dalam prosesnya, mereka mendapat diskon.

Ini merupakan usaha untuk merangsang adopsi BNB dan memberikan keuntungan kepada pemegangnya.

2. Penawaran ICO BNB (Juli 2017):

Initial Coin Offering (ICO) pertama Binance Coin dilakukan dari 14 hingga 27 Juli 2017. Selama ICO ini, Binance berhasil mengumpulkan dana sekitar $15 juta dalam bentuk Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

3. Migrasi dari Ethereum ke Binance Chain (2019):

Pada awalnya, BNB dihasilkan sebagai token berstandar ERC-20 di jaringan Ethereum.

Namun, pada April 2019, Binance mengumumkan perpindahan BNB dari infrastruktur Ethereum ke Binance Chain, suatu blockchain miliknya sendiri.

Langkah ini memungkinkan BNB memiliki kendali sepenuhnya atas teknologi dan pengelolaannya.

4. Peluncuran Binance DEX (2019):

Pada tahun 2019, Binance meluncurkan Binance DEX, sebuah platform pertukaran terdesentralisasi yang dibangun di atas Binance Chain.

Binance DEX memungkinkan pengguna melakukan perdagangan aset digital secara langsung, dengan memiliki kontrol penuh atas kunci privat mereka.

5. Pengenalan Binance Launchpad (2019):

Binance Launchpad adalah wadah bagi proyek-proyek kripto yang ingin melakukan penawaran pertukaran awal (Initial Exchange Offerings - IEOs) melalui platform Binance.

Dalam konteks ini, BNB digunakan sebagai alat pembayaran untuk mengakses IEOs yang tersedia di Binance Launchpad.

6. Peluncuran Binance Smart Chain (2020):

Tahun 2020 menyaksikan peluncuran Binance Smart Chain (BSC), sebuah blockchain cerdas yang berjalan berdampingan dengan Binance Chain.

BSC mempersembahkan fasilitas Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) dan beragam aplikasi dengan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan sejumlah blockchain lainnya.

7. Pembakaran Berkala Token (2017 - Saat Ini):

Binance secara periodik melaksanakan pemusnahan token BNB untuk mengurangi pasokan yang beredar di pasar.

Melalui langkah ini, sejumlah BNB ditarik dari sirkulasi dan dihapus secara permanen yang berpotensi mempengaruhi nilai pertoken secara positif.

8. Peningkatan Fungsi dan Kasus Penggunaan (2020 - Saat Ini):

Beberapa tahun terakhir, menyaksikan peningkatan ekosistem BNB oleh Binance dengan penambahan fitur dan skenario pemakaian baru.

Di antara inisiatif ini adalah integrasi yang lebih dalam dalam domain DeFi, pengenalan token NFT (Non-Fungible Token), dan beragam inovasi lainnya.

9. Kinerja Harga dan Popularitas:

Harga BNB telah mengalami gejolak yang signifikan sepanjang perjalanannya. Setelah peluncuran, BNB mengalami kenaikan dramatis pada 2017-2018, diikuti oleh penurunan selama pasar kripto bearish.

Meskipun demikian, BNB terus mendapatkan popularitas karena ekosistem Binance yang terus berkembang pesat dan berbagai inisiatif ekosistem.

10. Penggunaan di Luar Binance:

Selain digunakan dalam ekosistem Binance, BNB juga telah diterima dan digunakan di beragam platform dan aplikasi di luar lingkungan Binance.

Pemanfaatannya meliputi peran sebagai alat pembayaran, token untuk mengakses layanan, dan dalam aplikasi yang berlandaskan DeFi.


Perlu diperhatikan bahwa Binance Coin senantiasa mengalami pertumbuhan dan perubahan seiring waktu dan informasi diatas dapat mengalami perubahan.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*