Sejarah Dan Perkembangan Cardano (ADA) Hingga Saat Ini
ASET KRIPTO
7mos ago
Admin

Cardano (ADA) merupakan sebuah proyek dalam bidang blockchain yang bertujuan untuk mengembangkan platform blockchain yang lebih canggih serta berkelanjutan.

Nama "Cardano" diambil dari Gerolamo Cardano, seorang matematikawan Italia abad ke-16.

Proyek ini dirancang untuk lebih efisien, aman, dan teratur, serta menghadirkan inovasi lebih lanjut dibandingkan platform blockchain yang telah ada.


Berikut adalah beberapa peristiwa penting dalam sejarah Cardano:

1. Pada tahun 2015, Charles Hoskinson, salah satu pendiri Ethereum, mengusulkan konsep Cardano dan memimpin proyek ini melalui perusahaannya IOHK (Input Output Hong Kong). Misi proyek ini adalah mengembangkan platform blockchain yang lebih maju dan berkelanjutan.

2. Pada tahun 2017, diluncurkan Testnet pertama yang diberi nama "Byron". Tahap ini merupakan awal pembangunan jaringan Cardano dan diikuti oleh iterasi pembaruan dan perbaikan.

3. Dari tahun 2017 hingga 2018, fokus proyek Cardano adalah pada pengembangan dan penelitian mendalam tentang mekanisme konsensus PoS yang dinamakan "Ouroboros". Proses pengembangannya melibatkan kerja sama dengan peneliti dan ahli di bidang kripto.

4. Tahun 2018, Cardano memperkenalkan dompet desktop resmi yang disebut "Daedalus" untuk menyimpan, mengirim, dan menerima koin ADA.

5. Pada tahun 2019, Testnet Shelley diluncurkan. Ini merupakan tonggak penting karena memperkenalkan fase PoS yang lebih aktif dan memungkinkan pemegang koin untuk berpartisipasi dalam validasi transaksi dan konsensus.

6. Pada tahun 2020, Mainnet Shelley diluncurkan pada bulan Juli. Langkah ini membawa Cardano dari tahap uji coba ke tahap produksi utama. Shelley membawa fitur PoS yang lebih matang, memungkinkan pemegang koin berperan dalam keamanan jaringan.

7. Tahun 2021, Cardano merilis upgrade "Mary" yang memungkinkan pengembang menerbitkan aset kripto baru di atas platform Cardano. Ini membuka pintu bagi pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan beragam token aset di jaringan Cardano.

8. Pada tahun 2022, Cardano terus mengalami pembaruan dan peningkatan, termasuk pengenalan upgrade "Alonzo" yang membawa kontrak pintar ke ekosistem. Ini merupakan langkah penting dalam persaingan dengan platform blockchain lain seperti Ethereum dalam hal fungsi kontrak pintar.


Sejak awal peluncurannya, Cardano terus mengalami perkembangan dan mendapatkan perhatian dalam dunia kripto.

Pendekatan mereka yang didasarkan pada penelitian dan teknologi, serta fokus pada peningkatan berkelanjutan, menjadikan Cardano sebagai salah satu platform blockchain yang menonjol di ekosistem kripto.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*