RWA: Pengertian, Proyek, dan Cara Kerjanya
INFORMASI
2w ago
Admin

Tokenisasi RWA (Real World Assets) merupakan konsep di mana aset-aset fisik dalam kehidupan sehari-hari direpresentasikan dalam bentuk token digital di jaringan blockchain.

Dengan demikian, properti, obligasi, komoditas, atau uang bisa diwakili dalam bentuk token dan dimasukkan ke dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Melalui tokenisasi RWA, akses terhadap aset-aset tersebut menjadi lebih mudah, likuiditas meningkat, dan berbagai potensi penggunaan dalam aplikasi keuangan baru dapat dieksplorasi.


Berikut beberapa contoh proyek yang fokus pada tokenisasi RWA dan menyediakan infrastruktur untuk menerapkan konsep ini:

1. Centrifuge (CFG): Platform yang memfasilitasi tokenisasi aset fisik, memungkinkan pemilik aset untuk mengakses likuiditas tambahan.

2. Ondo Finance (ONDO): Proyek yang memungkinkan tokenisasi aset dan menyediakan solusi untuk penyimpanan dan pertukaran aset digital secara aman.

3. Clearpool (CPOOL): Platform yang menyediakan infrastruktur untuk tokenisasi aset fisik, membuka pintu bagi likuiditas dan investasi baru.

4. MakerDAO (MKR): Protokol DeFi yang memungkinkan tokenisasi aset, dengan fokus pada stablecoin Dai yang didukung oleh aset crypto.

5. Goldfinch (GFI): Protokol yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset crypto dan fiat tanpa jaminan.

6. Maple Finance (MPL): Platform yang menyediakan akses ke pinjaman terdesentralisasi dengan jaminan aset crypto.


Cara Kerja Tokenisasi RWA:

1. Pemilihan Jenis Token: Memilih jenis token yang sesuai dengan aset yang akan ditokenisasikan, seperti fungible (ERC-20) atau non-fungible token (NFT).

2. Pemilihan Blockchain: Memilih blockchain yang sesuai untuk menerbitkan token, dengan mempertimbangkan kecepatan, biaya, dan infrastruktur yang diperlukan.

3. Pemilihan Auditor Pihak Ketiga: Melibatkan pihak ketiga untuk memverifikasi aset off-chain yang akan ditokenisasikan, memastikan keabsahan dan keandalan aset yang diwakili oleh token.

4. Penerbitan Token: Proses penerbitan token digital yang mewakili kepemilikan atau nilai dari aset fisik yang ditentukan, dengan menggunakan smart contract atau platform tokenisasi yang sesuai.


Dengan tokenisasi RWA, aset-aset dunia nyata dapat diintegrasikan ke dalam ekosistem DeFi, membuka peluang baru bagi likuiditas, investasi, dan inovasi dalam industri keuangan.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*