USDT vs USD
INFORMASI
2w ago
Admin

Kelebihan USDT dibanding USD

1. Biaya Transfer Rendah

Biaya pengiriman USDT umumnya lebih rendah dibandingkan dengan biaya transfer USD antar bank internasional, meskipun biayanya bervariasi tergantung pada jaringan blockchain yang digunakan. Misalnya, pengiriman USDT melalui jaringan Arbitrum dapat berkisar antara US$0,1 hingga US$1 di berbagai bursa kripto, sementara biaya transfer USD antar bank internasional bisa mencapai US$25 hingga US$50 per transaksi.

2. Kecepatan Transaksi

Transaksi dengan USDT dapat dilakukan dengan cepat tanpa keterlambatan seperti yang sering terjadi pada transfer bank internasional, yang bisa memakan waktu beberapa hari kerja. Selain itu, karena USDT menggunakan teknologi blockchain, transfer dapat dilakukan kapan saja, tidak terbatas pada hari kerja saja.

3. Peluang Penggunaan DeFi

USDT memberikan akses ke berbagai platform dan layanan DeFi, yang memungkinkan investasi, pinjaman, dan staking yang tidak tersedia dengan USD. Selain itu, penggunaan USDT dalam DeFi dapat memberikan keuntungan tambahan melalui bunga dan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening bank tradisional.


Kekurangan USDT dibanding USD

1. Regulasi

USD diatur oleh pemerintah dan lembaga keuangan, yang menawarkan lapisan keamanan dan regulasi yang mungkin tidak tersedia di dunia kripto. Sebaliknya, meskipun USDT didukung oleh cadangan dolar, masih menghadapi tantangan regulasi dan potensi risiko yang lebih tinggi di pasar kripto.

2. Potensi Volatilitas Kripto

Meskipun USDT dipatok 1:1 dengan USD, pasar kripto secara keseluruhan sangat fluktuatif. Faktor-faktor seperti peretasan, penipuan, dan kegagalan teknis dapat mempengaruhi nilai dan kepercayaan terhadap USDT.

3. Keterbatasan Penggunaan

Meskipun USDT diterima di banyak platform kripto, penggunaannya di luar ekosistem kripto masih terbatas dibandingkan dengan USD, yang diterima secara luas dalam transaksi global sehari-hari.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*