Altcoin Dihapus Oleh Beberapa Platform Crypto, Kok Bisa?
BERITA
11mos ago
Admin

Setelah Robinhood dan eToro, platform kripto Bakkt yang berbasis di New York juga dikabarkan menghapus tiga altcoin populer dari daftar perdagangannya.

Keputusan ini didasarkan pada perkembangan regulasi terbaru di Amerika Serikat, seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph.

“Bakkt dilaporkan menghentikan perdagangan SOL, MATIC, dan ADA. Di mana, ketiga token ini dianggap oleh SEC AS sebagai sekuritas,” kutip media crypto dalam pers.

Berdasarkan laporan dari majalah Fortune, Bakkt telah menghentikan perdagangan Solana, Polygon, dan Cardano di platform derivatif mereka.

Keputusan ini diambil setelah gugatan yang diajukan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) AS pekan lalu terhadap bursa kripto Binance dan Coinbase.

Dalam gugatan tersebut, regulator mengklasifikasikan lebih dari 20 aset digital sebagai sekuritas termasuk SOL, MATIC, dan ADA.

Estimasi saat ini menunjukkan bahwa terdapat sekitar 68 jenis cryptocurrency yang dianggap sebagai sekuritas oleh regulator AS.

Menurut penasihat hukum dan sekretaris Bakkt, Marc D'Annunzio, ia mengungkapkan kepada Fortune bahwa perusahaan sedang mengalami perubahan.

“(Setidaknya) sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana menawarkan daftar yang lebih luas secara sesuai dengan peraturan,” kata D’Annunzio.

Aksi penegakan SEC telah menciptakan ketidakpastian regulasi, sehingga dalam beberapa hari terakhir platform perdagangan lainnya juga menghapus daftar pasangan token mereka.

Pada awal minggu ini, eToro menghentikan pembelian Algorand, Decentraland, MATIC, dan Dash bagi pelanggan AS, mengikuti langkah yang diambil oleh pesaingnya, Robinhood, yang juga menghentikan dukungan untuk SOL, MATIC, dan ADA hanya beberapa hari sebelumnya.

Tindakan penghapusan daftar altcoin telah meningkatkan keterbatasan likuiditas bagi token-token yang telah mengalami penurunan nilai pasar dan tanpa keraguan memiliki dampak signifikan bagi ekosistem kripto secara keseluruhan.

Data dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa secara bersama-sama, MATIC, ADA, dan SOL telah kehilangan hampir US$10 miliar dalam kapitalisasi pasar mereka.

Kapitalisasi pasar SOL telah turun dari US$8,78 miliar pada tanggal 4 Juni menjadi US$5,85 miliar pada saat penulisan.

Sementara itu, kapitalisasi pasar ADA telah turun dari US$13,31 miliar menjadi US$9 miliar, dan kapitalisasi pasar MATIC mengalami penurunan dari US$8,37 miliar menjadi US$5,32 miliar dalam periode yang sama.

Bakkt mengambil keputusan untuk mencabut daftar perdagangan setelah mengakuisisi platform teknologi blockchain Apex Crypto pada bulan April dengan nilai akuisisi sebesar US$55 juta dalam bentuk tunai dan saham.

Setelah akuisisi tersebut, Bakkt juga melakukan restrukturisasi perdagangan pasangan token di platformnya dengan menghapus 25 dari total 36 token kripto yang sebelumnya terdaftar.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*