Bukan Cuma Bitcoin, Ternyata Pasar Kripto juga Anjlok Parah!
BERITA
1mo ago
Admin

Pasar kripto mengalami penurunan signifikan dengan kapitalisasi pasar yang menyusut sebesar US$490 miliar.

Penurunan ini dipicu oleh harga BTC yang terus melemah sejak 2 Agustus 2024, ketika Bitcoin turun dari US$65.000 ke harga terendah di bawah US$50.000 pada 5 Agustus 2024.

Berdasarkan data dari TradingView, total kapitalisasi pasar kripto telah menurun dari puncaknya pada 2 Agustus sebesar US$2,27 triliun menjadi US$1,75 triliun dalam waktu tiga hari.

Penurunan lebih dari 23% dalam periode 2-5 Agustus ini adalah yang pertama sejak pertengahan Agustus 2023.

Sebagian besar penurunan kapitalisasi pasar ini disebabkan oleh harga Bitcoin yang terus melemah.

Selain itu, menurut data dari CoinGlass, total likuidasi di pasar derivatif kripto mencapai US$1,03 miliar dalam 24 jam terakhir, dengan posisi long paling menderita dengan sekitar US$898 juta dilikuidasi.

Penurunan pasar ini juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang tidak stabil di Amerika Serikat, pertumbuhan yang lambat di saham-saham teknologi, dan kekhawatiran akan resesi.

Menurut perkiraan analis Wall Street, beberapa perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Intel melaporkan hasil pendapatan pada Q2 2024 yang lebih rendah.

“Bitcoin telah memasuki CME Gap, tetapi secara teknis, itu hanya dapat diisi selama jam perdagangan dari keuangan tradisional (TradFi). Dengan pemikiran tersebut, ada sebuah kemungkinan kecil bahwa kita akan melihat harga BTC pulih untuk penutupan mingguan,” ucap Keith Alan selaku Co-Founder Material Indicators, dalam sebuah postingan X (4/8/2024).

CME Gap merujuk pada selisih antara harga penutupan Bitcoin di Chicago Mercantile Exchange (CME) dan harga pembukaannya saat perdagangan dilanjutkan, yang biasanya terjadi pada akhir pekan atau setelah pasar tutup untuk periode tertentu.

Marcus Thielen selaku Head of Research dari 10x Research, memperkirakan harga Bitcoin akan kembali di bawah level US$50.000 dan bahkan lebih rendah jika kondisi ekonomi di AS semakin memburuk.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*