Basis Point: Definisi, Manfaat, dan Aspek Penting dalam Kripto
INFORMASI
2w ago
Admin

Basis point (bps) adalah unit pengukuran yang dipergunakan untuk menilai perubahan persentase kecil pada suatu variabel di pasar keuangan, termasuk dalam konteks kripto.

Satu basis point setara dengan 0,01% atau 0,0001 dalam bentuk desimal.

Dalam dunia kripto, penggunaan basis point sering kali diadopsi untuk menilai perubahan harga atau suku bunga yang sangat kecil, suatu hal yang tidak dapat diukur secara efektif dengan menggunakan persentase konvensional.


Manfaat dari penggunaan basis point dalam konteks kripto diantaranya:

1. Presisi Pengukuran:

Pasar kripto dikenal karena volatilitas yang tinggi. Dengan menggunakan basis point, para pelaku pasar dapat mengukur perubahan harga dengan tingkat presisi yang tinggi, terutama pada perubahan harga yang sangat kecil. Ini membantu menghindari kesalahan pengukuran yang mungkin timbul jika menggunakan persentase konvensional.

2. Komparabilitas:

Dalam lingkungan pasar keuangan yang kompleks seperti kripto, variasi nilai aset yang beragam dapat menyulitkan perbandingan. Penggunaan basis point memungkinkan analis dan pelaku pasar untuk membandingkan perubahan persentase dengan lebih mudah dan akurat tanpa khawatir tentang perbedaan skala numerik.

3. Pemahaman yang Lebih Baik:

Dengan mengukur perubahan harga atau suku bunga dalam basis point, pelaku pasar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dampak perubahan kecil terhadap nilai aset kripto atau instrumen keuangan lainnya. Ini mempermudah interpretasi data dan pengambilan keputusan yang lebih akurat.


Pentingnya basis point dalam kripto dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Volatilitas Pasar:

Karakteristik fluktuatif pasar kripto membuat basis point memegang peran penting dalam mengukur perubahan harga dengan tingkat ketelitian yang dibutuhkan dalam lingkungan pasar yang sangat dinamis.

2. Analisis Suku Bunga:

Dalam kasus instrumen keuangan yang melibatkan suku bunga, seperti obligasi atau produk keuangan terdesentralisasi (DeFi) di dunia kripto, basis point digunakan untuk mengukur perubahan suku bunga dengan tingkat akurasi yang dibutuhkan oleh pelaku pasar.

3. Ketepatan Pengukuran:

Dalam situasi di mana perubahan harga atau suku bunga sangat kecil, penggunaan basis point memungkinkan pelaku pasar untuk melakukan analisis yang lebih akurat, memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap dinamika pasar, dan mengambil keputusan dengan lebih tepat.


Oleh karena itu, penggunaan basis point dalam kripto menjadi esensial karena menyediakan alat ukur yang lebih akurat dan standar untuk menggambarkan perubahan kecil dalam pasar yang seringkali sangat dinamis dan volatil.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*