CeFi: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya
INFORMASI
4w ago
Admin

Centralized Finance (CeFi) adalah sistem keuangan yang beroperasi melalui entitas atau lembaga keuangan yang terpusat.

Ini berarti bahwa ada pihak ketiga yang mengendalikan dan mengelola transaksi serta aset keuangan.

Contoh dari CeFi termasuk bank konvensional dan pertukaran kripto terpusat seperti Binance, Coinbase, dan Kraken.


Kelebihan CeFi:

1. Kemudahan Penggunaan: Platform CeFi lebih mudah digunakan oleh pengguna baru karena antarmuka yang intuitif.

2. Likuiditas Tinggi: Pertukaran kripto terpusat umumnya memiliki likuiditas yang tinggi dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan perdagangan.

3. Layanan Tambahan: Lembaga keuangan terpusat sering menawarkan berbagai layanan tambahan seperti pinjaman dan leverage.


Kekurangan CeFi:

1. Pusatrisasi dan Risiko Keamanan: Platform CeFi rentan terhadap serangan cyber dan manipulasi pasar karena semua kontrol terpusat di tangan entitas tertentu.

2. Ketergantungan pada Pihak Ketiga: Pengguna harus mempercayai pihak ketiga untuk mengelola dan melindungi aset mereka dan menghilangkan kendali langsung atas dana mereka.

3. Regulasi dan Keamanan Hukum: Platform CeFi dapat tunduk pada regulasi pemerintah yang ketat dan pengguna mungkin harus mengungkapkan informasi pribadi mereka.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*