Bitcoin Anjlok ke US$60 Ribu, Kok Bisa?
BERITA
3d ago
Admin

Harga Bitcoin (BTC) jatuh di bawah angka penting US$61.000, yang turun 3,5% dalam 24 jam terakhir, dan diperdagangkan pada US$60.333 pada Rabu (3/7).

Penurunan ini menyebabkan likuidasi sebanyak 56.416 pedagang dengan total mencapai US$161,46 juta.


Beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan ini, yaitu:

1. Komentar dari Jerome Powell

Dalam sebuah acara di Portugal pada 2 Juli 2024, Jerome Powell selaku Ketua The Fed, menyatakan bahwa AS kembali ke jalur disinflasi dan inflasi diperkirakan akan turun secara berkelanjutan menuju 2%.

Powell tidak memberikan rincian kapan penurunan suku bunga akan dimulai dan masih menunggu data lebih lanjut untuk memastikan tren inflasi yang lebih rendah.

Sikap hati-hati ini menyebabkan ketidakpastian di pasar kripto, sehingga investor menarik dana mereka lebih cepat.


2. Distribusi BTC dari Mt. Gox

Antisipasi distribusi Bitcoin dari bursa kripto Mt. Gox yang sudah tidak beroperasi juga mempengaruhi harga.

Diperkirakan sebanyak 140.000 BTC akan dirilis, yang menurut QCP Capital dari Singapura, akan terus membebani pasar.

Pelepasan BTC dalam jumlah besar ini bisa menekan harga jika kreditor memutuskan untuk menjual Bitcoin mereka sekaligus.


3. Arus Keluar dari ETF Bitcoin

ETF spot Bitcoin mengalami arus keluar bersih sebesar US$13,6 juta pada 2 Juli, setelah beberapa hari mengalami arus masuk bersih.

ETF GBTC Grayscale mencatat arus keluar satu hari sebesar US$32,3 juta, sementara ETF IBIT BlackRock dan ETF FBTC Fidelity masing-masing mencatat arus masuk sebesar US$14,1 juta dan US$5,4 juta.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*