Demi Stabilitas Pasar, Justin Sun Akan Membeli Bitcoin Milik Jerman
BERITA
4d ago
Admin

Justin Sun selaku pendiri blockchain Tron, menyatakan niatnya untuk membeli Bitcoin dari pemerintah Jerman dalam upaya menstabilkan pasar kripto.

Langkah ini dilakukan di tengah aktivitas pemerintah Jerman yang memindahkan kepemilikan Bitcoin, memicu spekulasi adanya potensi aksi jual besar-besaran.

Pada tanggal 4 Juli, dalam sebuah unggahan di X, Sun mengungkapkan bahwa dia ingin "bernegosiasi dengan pemerintah Jerman untuk membeli semua Bitcoin secara off-market."

Tujuan langkah ini adalah untuk meminimalisir dampak negatif terhadap pasar kripto yang saat ini mengalami penurunan besar-besaran.

Pernyataan Sun mendapatkan berbagai reaksi dari komunitas Crypto Twitter.

Seorang pengguna menyebut Sun sebagai 'pahlawan', sementara yang lain bercanda dengan menawarkan kontribusi dari US$20 hingga US$200 untuk mendukung aksinya.

Ada juga seorang pengguna berpendapat bahwa tindakan Sun melindungi investor ritel lebih baik daripada yang dilakukan pemerintah.

Pasar kripto saat ini sedang bergejolak, terutama karena Bitcoin terus turun hingga mencapai level US$53.000.

Gejolak ini dimulai dari transfer Bitcoin senilai US$195 juta dari wallet yang terkait dengan pemerintah Jerman ke berbagai wallet dan exchange kripto Coinbase, Kraken, dan Bitstamp pada 20 Juni lalu, yang memicu kekhawatiran pedagang tentang potensi aksi jual yang bisa meruntuhkan harga pasar.

Pada 4 Juli kemarin, pemerintah Jerman kembali memindahkan Bitcoin senilai US$175 juta ke berbagai wallet, termasuk exchange kripto, yang semakin memperburuk performa pasar kripto.

Pemerintah tersebut sebelumnya menyita hampir 50.000 BTC dari operator situs web bajakan Movie2k.

Bitcoin itu diterima oleh pihak berwenang pada pertengahan Januari 2024 setelah transfer sukarela dari pelaku.

Menurut data dari Arkham Intelligence, pemerintah Jerman masih menyimpan sekitar 42.274 BTC yang bernilai sekitar US$2,3 miliar.

Menurut kutipan dari CryptoPotato, para ahli menyarankan bahwa penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman sebaiknya dilakukan melalui lelang atau transaksi over-the-counter (OTC) untuk mengurangi risiko pasar yang bergejolak.

Analis dari Bitfinex juga mengungkapkan bahwa pemindahan simpanan Bitcoin oleh pemerintah dalam jumlah besar dapat menciptakan dampak negatif lanjutan pada pasar kripto secara luas.

Masih belum jelas apakah Sun serius dengan niatnya membeli Bitcoin ini atau apakah dia sudah berkomunikasi secara resmi dengan BKA.

Sun sendiri sering mencoba tampil sebagai pahlawan di mata publik, seperti yang terlihat pada acara makan siangnya dengan miliarder AS Warren Buffett pada tahun 2020, yang dikatakan berfokus pada diskusi tentang Bitcoin dan masa depan jaringan Tron.

Menurut perkiraan Arkham Intelligence, kekayaan bersih Sun mencapai sekitar US$1,4 miliar, dengan sebagian besar aset dalam bentuk kripto senilai US$980 juta.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*