Kemenangan Ripple Atas SEC AS Membuat Pasar Kripto Meroket!
BERITA
8mos ago
Admin

Selama seminggu terakhir, pelaku pasar kripto menghadapi keputusasaan akibat pasar yang terus bergerak mendatar.

Bahkan data inflasi AS bulan Juni tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pasar kripto. Namun, kemenangan yang diraih oleh Ripple pada hari Kamis (13/7) berhasil memicu kenaikan harga yang telah dinantikan sejak lama.

Efek dari kemenangan Ripple pun terasa di seluruh pasar, menyebabkan lonjakan harga Bitcoin dan aset digital utama lainnya.

Bahkan nilai XRP melonjak hingga 100% dari US$ 0,47 menjadi US$ 0,87 pada Jumat (14/7) dini hari.

Nilai Bitcoin juga mencapai level tertinggi dalam setahun, yaitu sekitar US$ 31.700 atau sekitar Rp 473 juta.

Selama tiga minggu terakhir, Bitcoin telah berada dalam zona level psikologis kuat antara US$ 30.000 dan US$ 31.000, karena beberapa investor khawatir akan tindakan The Fed dalam menekan inflasi dan mereka menunggu katalis harga yang signifikan.

Perdagangan Bitcoin yang relatif stabil dalam beberapa minggu terakhir mungkin telah mengurangi motivasi investor jangka pendek atau trader untuk menjual aset mereka.

Sementara investor Bitcoin jangka panjang cenderung mempertahankan posisi mereka, trader yang kurang sabar terhadap fluktuasi harga siap untuk menjual aset Bitcoin mereka kapan saja.

Namun, berita tentang kemenangan Ripple atas gugatan SEC telah mengubah sikap investor dan trader.

Menurut Glassnode, jumlah pemegang Bitcoin jangka panjang meningkat karena mereka melakukan akumulasi lebih banyak.

Sementara itu, jumlah Bitcoin yang dikirim ke bursa kripto terus menurun, menunjukkan tanda-tanda bahwa aset tersebut akan dipegang lebih lama.

Terjadi perkembangan yang mengagumkan di dalam ekosistem kripto, di mana SEC telah mengakui aplikasi Bitwise untuk produk ETF Bitcoin spot.

Pengakuan ini memiliki arti penting bagi industri mata uang kripto karena mendekatkan potensi ETF Bitcoin yang diatur ke kenyataan.

Meskipun persetujuan resmi belum diberikan, langkah ini memberikan semangat baru bagi persetujuan ETF Bitcoin dari lembaga lain seperti BlackRock.

Namun, kenaikan pasar kripto saat ini juga didukung oleh likuidasi besar-besaran dalam perdagangan short.

Dalam 24 jam terakhir, total likuidasi mencapai US$ 251 juta, dengan 69.924 trader terlikuidasi di beberapa bursa.

Perdagangan yang paling terkena dampak likuidasi adalah perdagangan Bitcoin, di mana total kerugian trader mencapai US$ 60,67 juta, diikuti oleh XRP dengan US$ 52,42 juta, ETH dengan US$ 40,04 juta, dan aset lainnya dengan total US$ 97,87 juta.

Likuidasi ini juga menjadi salah satu faktor yang mendorong pergerakan pasar karena aset trader terpaksa dijual di pasar derivatif setelah mencapai harga likuidasi.

Kabar baik datang dengan kapitalisasi pasar keseluruhan untuk semua aset kripto, termasuk altcoin dan Bitcoin, yang saat ini mencapai US$1,21 triliun.

Hal ini mengindikasikan bahwa banyak investor yang mulai berinvestasi dalam aset kripto setelah kemenangan Ripple Labs dalam kasus yang melibatkan SEC.

Sentimen terkait Bitcoin telah mengalami perubahan signifikan menjadi arah Greed, dengan poin sentimen pada tanggal 14 Juli 2023 mencapai 60, sedangkan pada hari sebelumnya indeks Fear and Greed berada di angka 56.

Poin 60 menunjukkan bahwa pasar saat ini sedang mengalami keadaan greed, namun masih dalam batas yang terkontrol.

Pada minggu sebelumnya, sentimen Bitcoin berada dalam kisaran Greed dengan poin 64. Secara keseluruhan, jika melihat sentimen per minggu, penilaian cukup baik dan cenderung bullish (optimis).


BITCOIN (BTC)

Dalam situasi ini, diperkirakan harga Bitcoin akan mengikuti tren bullish setelah berhasil menembus area harga US$ 32.000. Saat ini, Bitcoin telah mencapai harga US$ 31.700, menunjukkan dominasi bullish yang kuat.

Bitcoin memiliki potensi untuk terus bergerak menuju level harga US$ 32.000 setelah konfirmasi breakout di atas harga US$ 31.400.

Hal ini sesuai dengan potensi dan sentimen positif yang ada saat ini.


CARDANO (ADA)

Dalam 24 jam terakhir, harga Cardano (ADA) telah mengalami kenaikan lebih dari 23% setelah kemenangan XRP dalam kasus yang melibatkan SEC.

Kemenangan XRP tersebut berdampak pada pergerakan pasar aset kripto secara keseluruhan, terutama pada aset kripto yang dianggap sebagai "security token" oleh SEC.

ADA dan XRP adalah dua aset yang menjadi subjek gugatan oleh SEC sebagai security token. ADA diprediksi akan mengalami tren bullish dalam waktu dekat, meskipun kemungkinan akan mengalami koreksi kecil untuk mencari pijakan support sebelum melanjutkan tren bullish-nya.


RIPPLE (XRP)

Kemenangan sementara XRP dalam gugatan telah memberikan dampak positif pada pasar aset kripto secara keseluruhan, menghasilkan kenaikan yang signifikan.

Namun, berdasarkan indikator teknikal, XRP saat ini menunjukkan tanda-tanda overbought dengan skor RSI 81, mengindikasikan kemungkinan adanya koreksi kecil.

Dengan menggunakan Fibonacci Retracement, area support potensial dapat ditemukan di sekitar US$ 0,758 dan US$ 0,7.

Dalam hal sentimen, XRP mengalami sentimen yang kuat dengan kenaikan lebih dari 80% dalam satu hari.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah FOMO (Fear of Missing Out) yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*