Altcoin Vs Stablecoin, Kenali Perbedaannya!
INFORMASI
11mos ago
Admin

Altcoin dan Stablecoin adalah dua jenis aset kripto yang berbeda dalam pasar mata uang digital. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

1. Sifat Nilai Stabil:

Altcoin: Altcoin merupakan singkatan dari "alternative coin" atau koin alternatif yang merujuk pada semua aset kripto selain Bitcoin.

Nilai altcoin cenderung bervariasi secara signifikan dan sering mengalami volatilitas tinggi.

Harganya sangat dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan di pasar sehingga dapat mengalami kenaikan dan penurunan yang drastis dalam waktu singkat.

Stablecoin: Stablecoin didesain untuk memiliki stabilitas nilai dan terikat dengan aset atau mata uang lain yang stabil, seperti Dolar AS atau Emas.

Tujuan utama dari stablecoin adalah menciptakan stabilitas harga di pasar kripto dengan menjaga nilai mereka mendekati tingkat aset yang mereka ikuti.


2. Tujuan Penggunaan:

Altcoin: Altcoin umumnya digunakan sebagai investasi, platform blockchain untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps), alat pembayaran, dan berbagai fungsi lainnya.

Beberapa altcoin juga memiliki tujuan spesifik, seperti memberikan tingkat privasi yang lebih baik, skalabilitas yang lebih tinggi, atau fitur khusus lainnya.

Stablecoin: Stablecoin utamanya digunakan untuk menghindari volatilitas harga yang sering terjadi di pasar kripto.

Mereka berfungsi sebagai alat pembayaran dan terkadang berperan sebagai jembatan antara sistem keuangan tradisional dan dunia kripto karena nilai mereka cenderung lebih mudah dipahami dan diprediksi.


3. Stabilitas Nilai:

Altcoin: Karena sifat volatilnya, altcoin cenderung kurang cocok sebagai alat pembayaran dalam transaksi sehari-hari atau penyimpanan nilai jangka pendek.

Stablecoin: Stablecoin menawarkan stabilitas nilai yang relatif lebih tinggi karena biasanya diatur untuk mencerminkan nilai aset atau mata uang tradisional.

Hal ini membuatnya lebih sesuai sebagai alat pembayaran atau pilihan simpanan nilai jangka pendek.


4. Mekanisme Stabilisasi:

Altcoin: Altcoin tidak memiliki mekanisme khusus untuk menjaga stabilitas nilai dan harga mereka sangat dipengaruhi oleh mekanisme pasar kripto secara keseluruhan.

Stablecoin: Stablecoin menggunakan berbagai mekanisme untuk mempertahankan stabilitas nilai, seperti cadangan yang sesuai (misalnya, setiap koin di-backing oleh mata uang fiat atau aset lainnya), mekanisme kontrol pasokan, atau algoritma yang mengatur harga agar tetap mendekati nilai yang ditargetkan.