Inovasi Baru Ethereum: Peluncuran ‘Type 1 Prover’ oleh Polygon
BERITA
1w ago
Admin

Polygon Labs telah mengumumkan peluncuran 'Type 1 Prover', suatu gebrakan yang mengubah lanskap dunia kripto.

Komponen baru ini memungkinkan jaringan yang kompatibel dengan standar EVM Ethereum menjadi layer-2 yang didukung oleh bukti zero-knowledge, serta terintegrasi dengan ekosistem luas Polygon.

Inisiatif ini dianggap sebagai langkah besar dalam teknologi, bahkan Vitalik Buterin selaku salah satu pendiri Ethereum yang menyoroti pentingnya untuk membuat jaringan layer-2 sebanding dengan blockchain utama.

'Type 1 Prover' diperkenalkan sebagai fitur teknologi yang menjadikan jaringan layer-2 hampir setara dengan blockchain layer-1 utama seperti Ethereum.

Polygon berharap jaringan lain akan mengadopsi prover baru ini untuk terhubung ke ekosistem blockchainnya.

Sebelumnya, Polygon menggunakan 'Type 2 Prover' yang tidak memberikan tingkat kesetaraan yang sama dengan Ethereum.

Peluncuran ini merupakan bagian dari peta jalan Polygon 2.0, yang bertujuan membuat ekosistem lebih terhubung dengan fokus pada kriptografi zero-knowledge (ZK).

Pengumuman ini berarti jaringan EVM yang ada atau rollup optimistik dapat terhubung ke prover tanpa modifikasi, kemudian terhubung ke lapisan Agregasi yang baru dirilis oleh Polygon, memberikan akses ke seluruh likuiditas dan nilai di Ethereum.

'Type 1 Prover' akan dapat menghasilkan bukti ZK untuk blok Ethereum mainnet dengan biaya rata-rata $0,002-$0,003 per transaksi.

'Type 1 Prover' adalah open-source dan tersedia di GitHub dengan lisensi MIT dan Apache 2.0.

Brendan Farmer selaku salah satu pendiri Polygon, menyatakan bahwa ini menunjukkan kepemimpinan Polygon dalam pengembangan teknologi ZK dengan memberikan 'Type 1 Prover' yang sangat efisien.

Peluncuran ini menandai langkah penting dalam evolusi teknologi blockchain dengan potensi untuk membawa kesetaraan Ethereum ke jaringan layer-2.

Dengan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi serta membuka jalan bagi integrasi yang lebih luas, 'Type 1 Prover' menetapkan standar baru dalam teknologi blockchain, meningkatkan efisiensi dan keamanan ekosistem blockchain serta membuka jalan bagi inovasi dan adopsi yang lebih luas di masa depan.


*Disclaimer: Perdagangan Aset Kripto adalah aktivitas perdagangan yang berisiko tinggi dan berpotensi menyebabkan kerugian. Dengan melakukan perdagangan aset kripto berarti nasabah sudah mengetahui ada unsur resiko di dalam aktivitas tersebut. Diharapkan pengguna untuk melakukan riset dan analisa dengan baik terlebih dahulu karena harga aset kripto bersifat fluktuatif. NagaExchange tidak memaksa pengguna untuk membeli dan menjual aset kripto. Semua aktivitas perdagangan aset kripto merupakan keputusan individu oleh pengguna.*